3 Badan Intelijen Israel yang Menggemparkan, Nomor 2 Punya Tugas Melindungi Perdana Menteri

Jum'at, 15 Maret 2024 - 17:45 WIB
loading...
3 Badan Intelijen Israel yang Menggemparkan, Nomor 2 Punya Tugas Melindungi Perdana Menteri
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Terdapat tiga badan intelijen Israel yang paling besar dan terkenal. Salah satunya memiliki tugas melindungi Perdana Menteri.

Adapun tiga badan intelijen Israel ini masing-masing adalah Mossad, Shin Bet, dan Aman. Kendati sama-sama berstatus badan intelijen, ketiganya memiliki fungsi dan tugas yang berbeda.

Lantas, seperti apakah sebenarnya ketiga badan intelijen Israel ini? Dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (15/3/2024), berikut ini ulasannya yang bisa disimak.

Badan Intelijen Israel

1. Mossad


Bicara soal badan intelijen Israel, Mossad bisa dibilang menjadi yang paling terkenal. Unit intelijen ini menangani kegiatan mata-mata Israel di seluruh dunia.

Mengutip laman FirstPost, Mossad pernah disebutkan sebagai badan intelijen terbesar kedua setelah CIA. Kemampuannya juga dikatakan setara dengan Research and Analysis Wing (RAW) milik India.

Mossad telah dibentuk sejak 1949. Keberadaannya menggantikan badan intelijen militer Yahudi di Palestina bernama Haganah.

Berbeda dengan Shin Bet atau Aman, Mossad punya tugas mengumpulkan data intelijen luar negeri, analisis intelijen hingga pelaksanaan operasi rahasia. Reputasinya pun telah dikenal luas dengan operasi rahasia yang canggih.

Sebagai contoh, mereka pernah melakukan operasi seperti penangkapan Adolf Eichmann, eks jenderal Nazi yang bertanggung jawab atas Holocaust pada 1960.
Kemudian, ada juga Operasi Wrath of God untuk melacak pembunuhan atlet Israel pada Olimpiade Munich 1972.

Menurut laporan SpyScape, Mossad diperkirakan memiliki anggaran tahunan mencapai USD3 miliar. Selain itu, anggota pun berjumlah ribuan dan tersebar di penjuru dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)