Bijak Berplastik, Masyarakat Diajak Peduli Lingkungan

Senin, 10 September 2018 - 11:01 WIB
Bijak Berplastik, Masyarakat Diajak Peduli Lingkungan
Bijak Berplastik, Masyarakat Diajak Peduli Lingkungan
A A A
JAKARTA - Untuk menjaga kesehatan diperlukan juga lingkungan yang menunjang. Seperti halnya untuk tidak berlebihan dalam menggunakan plastik dan membuang sampah plastik ini sembarangan.

Kepedulilan untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga lingkungan, sudah seharusnya menjadi perhatian semua pihak. Hal ini yang kemudian disuarakan Danone-AQUA dengan mengkampanyekan
#BijakBerplastik.

Kampanye ini dilakukan Danone-Aqua sebagai sponsor minuman resmi Maybank Bali Marathon (MBM) 2018 yang diselenggarakan di Bali Safari, Gianyar, Bali.

Kampanye Bijak Berplastik dilakukan dengan membangun panel edukasi daur ulang dengan mengajak peserta MBM 2018 mengumpulkan kemasan botol plastik di 100 titik pengumpulan sampah yang telah disediakan. Kemasan botol plastik ini kemudian akan didaur ulang menjadi produk baru dengan nilai ekonomi yang tinggi.

Presiden Direktur PT Tirta Investama Corine Tap mengatakan, pada event tahun MBM 2018 yang dibuka oleh Gubernur Bali I Wayan Koster, Danone-Aqua memenuhi kebutuhan hidrasi bagi 10 ribu peserta dengan menyediakan lebih dari 40 ribu botol AQUA dan Mizone selama kegiatan berlangsung.

"Selama jalannya lomba marathon, kami juga menurunkan 30 Pelari Kebaikan yang berseragam khusus berasal dari komunitas pelari di Bali antara lain Jimbarun, Singarun, IWP, PelariHore, SWB, Uberuberun, Run on Bali, Bali Hasher. Mereka akan terus mendampingi dan menyemangati para pelari hingga garis finish," kata Corine.

Selain itu kata Corine, mereka juga bisa belajar Bijak Berplastik melalui video interaktif tentang asal plastik bagaimana memperpanjang usia pakainya dengan daur ulang dan potensi nilai ekonominya.

"Kami percaya bahwa kesehatan diri kita dan lingkungan saling berkaitan, oleh karena itu Danone-AQUA mendukung gaya hidup sehat dengan kampanye Bijak Berplastik dan pemenuhan hidrasi. Dukungan Danone-AQUA pada MBM 2018 ini menjadi kolaborasi antara pentingnya menjaga kualitas hidup dengan gaya hidup sehat, sekaligus bentuk kampanye menyayangi Bali dengan Bijak Berplastik," tegas Corine.

Menurutnya, sebagai upaya memperluas gerakan Bijak berplastik ini, Danone-AQUA secara aktif melakukan kampanye di ruang public dengan terlibat dalam event-event olah raga, kebudayaan dan juga aktivitas komunitas, termasuk event MBM 2018 ini dan tentunya perlu dukungan berbagai pihak untuk mensukseskan dan menggaungkan gerakan ini.

"Kami tidak bisa sendiri dalam membesarkan gerakan Bijak Berplastik dan karenanya, kami mendorong semangat kolaborasi dan partisipasi aktif dengan pemangku kepentingan yang lain, mitra dan konsumen. Kami berharap gerakan ini mampu membangun budaya baru yaitu daur ulang dan kesadaran serta perilaku aktif dalam menjaga lingkungan," tegas Corine.

Direktur Komunikasi Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan, Gerakan Bijak berplastik diluncurkan pada 5 Juni 2018 lalu. Gerakan ini akan memperkuat komitmen Danone-AQUA dalam mengurangi masalah sampah plastik di Indonesia, yaitu dengan mengumpulkan sampah plastik lebih banyak dari volume yang digunakan dari lingkungan Indonesia pada tahun 2025.

"Juga membuat seluruh kemasan plastiknya dapat didaur ulang 100 persen, dan untuk meningkatkan proporsi plastik daur ulang di botol sebesar 50 persen pada 2025," kata Arif saat di hubungi di Jakarta.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5694 seconds (0.1#10.140)