Pileg 2024 Jadi Batu Loncatan Anak Muda, Pengamat: Jangan Justru Kebawa Irama Parlemen

Sabtu, 09 Maret 2024 - 13:46 WIB
loading...
Pileg 2024 Jadi Batu Loncatan Anak Muda, Pengamat: Jangan Justru Kebawa Irama Parlemen
Analis Komunikasi Politik, Hendri Satrio menilai, Pemilu 2024 khususnya Pileg 2024 dapat menjadi batu loncatan anak muda untuk berpolitik, Sabtu (9/3/2024). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Analis Komunikasi Politik, Hendri Satrio menilai, Pemilu 2024 khususnya Pileg 2024 dapat menjadi batu loncatan bagi anak muda untuk berpolitik. Menurutnya, setidaknya caleg muda yang lolos ke parlemen , di DPR, DPRD, maupun DPD dapat bertahan dengan posisinya selama tiga hingga empat periode.

"Bila konsisten pada perjuangan pada saat mereka dipilih. Artinya saat mereka dipilih kan membawa suara anak muda, membawa ide-ide anak muda, nah itu harus terus dipertahankan," kata Hendri Satrio dalam dialog Polemik Trijaya bertajuk Nanti Kita Cerita Tentang Anak Muda di Parlemen, Sabtu (9/3/2024).



Jangan sampai, kata Hendri, caleg muda yang terpilih, justru mengikuti budaya atau kebiasaan yang sudah ada, dan tidak bisa bersuara karena merasa takut dengan seniornya.

"Jangan kemudian anak anak muda yang baru masuk ke dalam parlemen justru mengikuti irama melodi yang sudah ada, tidak berani mengungkapkan lagu tidak setuju, tapi hanya setuju saja," ucapnya.

Hendri menegaskan, mereka harus bisa mewakili suara anak muda dan berani bersuara jika berbeda pendapat. "Bahkan, caleg muda terpilih juga bisa mengajukan usul, sesuai dengan ide, dan gagasannya," pungkasnya.

Sebelumnya, politikus muda PKB Zainul Munasichin mengungkapkan fenomena banyaknya politikus senior yang tumbang oleh anak muda pada Pileg 2024. Menurut Zainul, karena banyaknya politikus muda yang mau ikut dalam kontestasi Pileg 2024.

"Banyak politikus senior yang tumbang di 2024 kalah sama anak-anak muda," kata Zainul dalam diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk Nanti Kita Cerita Tentang Anak Muda di Parlemen, Sabtu (9/3/2024).

"Kalau untuk 2024 saya melihat ruang untuk politikus muda ambil bagian di Pileg itu cukup besar di semua partai politik ya, di PKB, di PDIP, di Golkar hampir semua partai politiklah," tambahnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)