Deretan Jenderal Bintang 4 Kehormatan, Nasib Terkini Ada yang Jadi Menteri dan Presiden

Jum'at, 08 Maret 2024 - 06:11 WIB
loading...
A A A
Wakasospol ABRI, Asospol Kasospol ABRI, anggota MPR/DPR Fraksi ABRI, Ketua Fraksi ABRI MPR/DPR, Wakil Ketua MPR/DPR dari Fraksi TNI/Polri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Kabinet Gotong Royong, dan Menko Polhukam Ad Interim. Hari Sabarno meninggal dunia pada 31 Mei 2019 di RS Cibubur.

Deretan Jenderal Bintang 4 Kehormatan, Nasib Terkini Ada yang Jadi Menteri dan Presiden

3. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soesilo Soedarman

Soesilo Soedarman merupakan abituren Militaire Academie (MA) Jogya Angkatan I atau Akademi Militer (Akmil) 1948 juga tercatat sebagai tokoh TNI yang mendapat anugerah Jenderal Bintang 4 Kehormatan.

Semasa hidup, pria kelahiran Kroya, Cilacap, Jawa Tengah, 12 November 1928 pernah menduduki posisi penting di institusi militer, antara lain Panglima Komando Wilayah Pertahanan (Pangkowilhan) Sumatera dan Kalimantan Barat pada periode 1980–1985.

Begitu juga saat tidak bertugas di militer. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) pada Kabinet Pembangunan VI. Selain itu, Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993). Soesilo Soedarman juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat yang berkedudukan di Washington DC dari 18 Februari 1986 hingga 11 April 1988.

Dia juga pernah menjadi anggota MPR RI mewakili Golongan Karya untuk daerah pemilihan Sumatera Utara hingga akhir hayatnya. Soesilo Soedarman meninggal dunia pada 18 Desember 1997 di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Deretan Jenderal Bintang 4 Kehormatan, Nasib Terkini Ada yang Jadi Menteri dan Presiden

4. Jenderal TNI (HOR) (Purn) A.M Hendropriyono

Jebolan Akmil 1967 dari kesatuan infanteri Kopassus ini juga tercatat sebagai tokoh militer Indonesia yang dianugerahi Jenderal Bintang 4 Kehormatan bersama dengan Jenderal TNI (HOR) (Purn) Hari Sabarno. Gelar tersebut diberikan Presiden Megawati Soekarnoputri pada 1 Oktober 2004.

Pria kelahiran 7 Mei 1945, Yogyakarta ini merupakan seorang tokoh intelijen dan militer Indonesia. Mertua dari mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa ini Hendropriyono banyak menghabiskan waktunya di Korps Baret Merah Kopassus dan kenyang dengan pengalaman di medan tempur.

Selama berdinas di militer, Hendropriyono pernah menjabat sebagai Danton Puspassus AD, Komandan Kompi Prayudha Kopassandha, Komandan Detasemen Tempur 13, Wakil Asisten Personel Kopasandha merangkap sebagai Wakil Asisten Operasi. Selain itu, Asisten Intelijen Kodam Jayakarta, Danrem 043/Garuda Hitam Lampung.

Direktur D Badan Intelijen Strategis ABRI, Direktur A Badan Intelijen Strategis ABRI, Panglima Kodam Jayakarta, Komandan Kodiklat (Dankodiklat) TNI AD. Setelah purnatugas dari militer maupun intelijen, AM Hendropriyono sempat terjun ke dunia politik dan menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Dia juga pernah menjadi Menteri Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan Republik Indonesia dalam Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan dari 1998 hingga 1999. Saat ini, Hendropriyono aktif berbisnis.

Deretan Jenderal Bintang 4 Kehormatan, Nasib Terkini Ada yang Jadi Menteri dan Presiden


5. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Agum Gumelar

Lulusan Akmil 1968 dari kesatuan Infanteri Kopassus merupakan tokoh TNI yang juga menerima gelar Jenderal Bintang 4 Kehormatan. Anugerah tersebut diterimanya pada 1 November 2000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)