Pasca Gempa, Tingkat Kemiskinan-Pengangguran di Lombok Meningkat

Sabtu, 01 September 2018 - 03:25 WIB
Pasca Gempa, Tingkat Kemiskinan-Pengangguran di Lombok Meningkat
Pasca Gempa, Tingkat Kemiskinan-Pengangguran di Lombok Meningkat
A A A
JAKARTA - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan akan ada potensi peningkatan tingkat kemiskinan dan pengangguran setelah bencana gempa bumi melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Bambang menjelaskan perlu adanya tahap rekontruksi melalui program-program untuk meningkatkan perekonomian di daerah yang terdampak Gempa.

“Untuk mengatasi masalah ini tentunya tahap rekonstruksi ini sangat penting dan salah satunya yang kami perkirakan yaitu proyek padat karya tunai di dalam proses tahap rekonstruksi,” lanjut Bambang di saat Rapat Koordinasi di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Bambang menambahkan jika pihaknya juga akan membangkitkan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB), selain dengan program padat karya untuk menekan potensi pengangguran. “Dan kedua kita bangkitkan pariwisata untuk memecegah pengangguran lebih besar lagi,” ucapnya.

Selain itu Bambang menilai jika hanya menerapkan rekonstruksi saja di NTB tidaklah cukup, menurutnya roda perekonomian di NTB pun juga perlu untuk digerakkan. “Jadi selain rehabilitasi rekonstruksi kita diperlukan kegiatan ekonomi dan kehidupan sosial di NTB,” tuturnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3781 seconds (0.1#10.140)