MUI Berharap PPP Terus Berkiprah di Parlemen Wakili Aspirasi Umat Islam

Senin, 04 Maret 2024 - 08:32 WIB
loading...
MUI Berharap PPP Terus Berkiprah di Parlemen Wakili Aspirasi Umat Islam
MUI berharap raihan kursi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melampaui ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold sebesar 4% pada Pemilu 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) berharap raihan kursi Partai Persatuan Pembangunan ( PPP ) melampaui ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold sebesar 4% pada Pemilu 2024. PPP yang mewakili aspirasi umat Islam harus tetap berkiprah dan mengabdi untuk umat dan bangsa.

Wasekjen Pengurus Pusat MUI Bidang Da’wah dan Ukhuwah KH Arif Fakhruddin nengatakan PPP adalah partai Islam pertama hasil fusi parpol Islam era Orba. Maka PPP bisa dilihat sebagai simbol partai persatuan umat Islam.

"PPP adalah partai Islam yang juga didirikan oleh ulama kharismatik NU dan tokoh Umat Islam. Karenanya PPP juga partai santri dan partai kiai," ujarnya dalam keterangannya dikutip, Senin (4/3/2024).



PPP kembali berpeluang kembali masuk ke Parlemen kembali. Berdasarkan data termutakhir perhitungan Sirekap atau real count KPU, Minggu (3/3/2024) pukul 01.00, perolehan suara PPP mencapai 4,01% (3.080.314). Suara PPP naik terus dam melampai ambang batas parlemen 4,01%.

Menurut KH Arif Fakhruddin, PPP bisa diibaratkan sebagai partai Islam yang secara aspirasi politik berwatak wasathiyah, yaitu akomodatif terhadap semua unsur Ormas Islam. "Kami berharap PPP bisa meneruskan pengabdiannya di Parlemen untuk mewakili aspirasi umat Islam Indonesia," ujarnya.

Wasekjen MUI ini juga menyampaikan selamat atas raihan PPP yang berpeluang besar mempertahan kursi di DPR. "Mudah-mudahan PPP sebagai partai umat Islam dan warisan para ulama terus bisa memperjuangkan politik amar maruf nahy munkar dan istiqamah menjadi penyambung aspirasi umat," katanya.



Pihaknya terus mendukung langkah kebijakan PPP untuk terus memperjuangkan peningkatan kualitas umat Islam, khususnya melalui peningkatan pendidikan keagamaan diniyah madrasah dan pesantren.

"Kami berharap PPP di masa depan terus solid dan menjaga ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathomiyah dan basyariah dalam menjaga keutuhan NKRI," katanya.

MUI Meminta agar penyelenggara Pemilu untuk berintegritas menjalankan mekanisme pemilu dengan semua tahapannya secara imparsial, profesional, jurdil, dan luber. Selain itu pihaknya mengimbau umat Islam dan masyarakat Indonesia untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan usai kompetisi pemilu selesai.

"Para pemimpin yang terpilih diberi amanah baik presiden dan DPR juga bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya demi Indonesia makmur baldatun thoyibatun warobbun ghofur," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)