Orasi dalam Unjuk Rasa di Depan Gedung DPR, Refly Harun Serukan Hal Ini

Jum'at, 01 Maret 2024 - 19:54 WIB
loading...
Orasi dalam Unjuk Rasa di Depan Gedung DPR, Refly Harun Serukan Hal Ini
Pakar hukum tata negara Refly Harun turun langsung dalam unjuk rasa di depan Gerbang Utama Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2024) siang. FOTO/MPI/ACHMAD AL FIQRI
A A A
JAKARTA - Pakar hukum tata negara Refly Harun turun langsung dalam unjuk rasa di depan Gerbang Utama Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2024) siang. Dalam orasinya, Juru Bicara Timnas AMIN itu menyerukan agar Joko Widodo (Jokowi) turun dari jabatan Presiden RI.

Awalnya, Refly Harun menegaskan, unjuk rasa merupakan bentuk parlemen jalanan. Ia berkata unjuk rasa itu merupakan perjuangan konstitusional.

"Bapak-bapak pengaman semuanya ini adalah aspirasi rakyat yang dilindungi oleh konstitusi undang-undang, jangan dilarang tetapi diamankan oke," tutur Refly.



Refly lalu menyerukan agar Jokowi turun dari jabatan Presiden RI. Menurutnya, pemakzulan terhadap Presiden itu telah diatur dalam konstitusi.

"Saya katakan kalau kita menginginkan Presiden Jokowi dimakzulkan ada ayatnya di konstitusi dan itu boleh. Teriakan, Turunkan Jokowi, Turunkan Jokowi. Makzulkan Jokowi!!!" seru Refly.

"Kawan-kawan semua itu ada ayat konstitusi. Jadi jangan gara-gara ini kita ditangkap karena para pengaman tidak mengerti UUD. Yang tidak boleh itu perpanjangan massa jabatan yang tidak ada di konstitusi. Kalau kita minta Jokowi mundur, boleh tidak?" ucap Refly yang langsung disambut seruang boleh oleh para peserta.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)