Bawaslu Laporkan 30 Pengawas Pemilu Meninggal Dunia Sejak Masa Pemungutan Suara

Senin, 26 Februari 2024 - 21:25 WIB
loading...
Bawaslu Laporkan 30 Pengawas Pemilu Meninggal Dunia Sejak Masa Pemungutan Suara
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja mengatakan sebanyak 30 petugas pengawas pemilu dilaporkan meninggal dunia selama bertugas. Foto/Bawaslu
A A A
JAKARTA - Sebanyak 30 petugas pengawas pemilu dilaporkan meninggal dunia selama bertugas. Hal itu terhitung sejak masa pemungutan suara Pemilu 2024 .

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja mengatakan jumlah itu terhitung hingga Senin (26/2/2024). Bagja menyebut pihaknya masih terus akan mencatat perkembangan petugas yang meninggal dunia.



"Sampai hari ini kan kita hitung, karena kan masa jabatannya sampai dengan hari ini aja. Saya harus cek, sampai minggu ini ada penambahan dua, jadi sekitar 2 atau berarti sekitar 30 orang (meninggal)," ujar Bagja, Senin (26/2/2024).

Petugas pengawas pemilu itu termasuk pengawas tempat pemungutan suara (TPS), panitia pada tingkat kelurahan atau desa hingga Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Dari hasil evaluasi, wafatnya sejumlah petugas pengawas pemilu itu berkaitan dengan kelelahan.

"Evaluasinya ada yang kelelahan, namun kita cek dulu ya," katanya.

Bagja memastikan santunan akan diberikan kepada petugas yang meninggal dunia. Dia tidak merinci berapa jumlah yang telah menerima santunan. Kendati demikian, santunan akan diberikan jika proses administrasi telah rampung.



"Ada yang sudah diberikan (santunan) ada yang kemudian juga ada yang belum karena proses administrasi," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)