Data C Hasil Tak Tampil di Sirekap, Partai Perindo: Begitu Menimbulkan Mispersepsi dan Kekacauan

Minggu, 25 Februari 2024 - 21:31 WIB
loading...
Data C Hasil Tak Tampil di Sirekap, Partai Perindo: Begitu Menimbulkan Mispersepsi dan Kekacauan
Ketua Bidang Politik DPP Partai Perindo Yusuf Lakaseng buka suara terkait masalah Sirekap KPU yang tak menampilkan Form C Hasil Partai Perindo di sejumlah TPS di Sumatera Utara. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Politik DPP Partai Perindo Yusuf Lakaseng buka suara terkait masalah Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU yang tak menampilkan Form C Hasil Partai Perindo di sejumlah TPS di Provinsi Sumatera Utara. Menurutnya, sistem yang diperuntukan sebagai alat bantu transparansi penghitungan suara itu menimbulkan membuat masalah baru dan mispersepsi terkait rekapitulasi suara.

"Ya kita ini enggak tahu sama sekali ya kenapa Sirekap ini begitu membingungkan, menimbulkan mispersepsi dan kekacauan seperti ini," kata Yusuf kepada iNews Media Group, Minggu (25/2/2024).

Padahal, kata Yusuf, penghitungan suara di lapangan tak ada masalah dan masih berjalan hingga saat ini. Hanya saja, ia curiga akan penghitungan suara yang kerap berubah dan ditampilkan di Sirekap KPU. Yusuf pun memberi contoh suaranya hilang dalam Sirekap KPU.



"Saya pribadi ini, saya Caleg DPR RI di Sulawesi Tengah. Pada tanggal 18 (Februari) perolehan suara saya itu tercatat 11.700 sekian. Tetapi sehari setelahnya langsung berubah jadi 7.000 dan berubah jadi 6.000," tutur Yusuf.

"Jadi kita berpikir bahwa jangan-jangan memang Sirekap ini adalah satu alat kecurangan. Karena terbukti ketika dia bermasalah dihentikan proses rekapitulasi di tingkat kecamatan," imbuh Yusuf.

Apalagi, kata Yusuf, penghitungan suara di Sirekap di tingkat kecamatan sempat dihentikan oleh KPU. Ia khawatir, penghentian itu menjadi celah dugaan kecurangan yang sistematis.

"Nah kita tahu sendiri kalau dihentikan seperti itu, banyak setannya akan menggerogoti kotak suara itu yang nantinya akan terjadi kecurangan sistematis. Padahal sebelumnya kita berharap, Sirekap ini kan sebetulnya alat bantu untuk akuntabilitas dan transparansi hasil pemilu agar publik bisa memantau, bisa melihat, bisa tahu sehingga ini pemilu yang berintegritas. Tetapi yang kita dapatkan sebaliknya," tandasnya.

Sekadar informasi, Sirekap KPU RI tak menampilkan Form C Hasil Partai Perindo di sejumlah TPS di Provinsi Sumatera Utara. Dari hasil penelusuran, Form C Hasil Partai Perindo di sejumlah TPS di Sumatera Utara tak ditampilkan dalam Sirekap.

Salah satunya di TPS 011, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumatera Utara. Dari situs pemilu2024.kpu.go.id, Form C Hasil Partai Perindo tak ditampilkan, hanya seperti kain putih. Hal itu berbeda dengan partai peserta pemilu lainnya yang menampilkan Form C Hasil.

Tak hanya itu, di TPS 008 Kelurahan Aek Habil, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumatera Utara juga Partai Perindo mendapat perlakuan serupa. Di Sirekap, pada kolom Form C Hasil Perindo hanya menampilkan background bewarna abu-abu.

Sedangkan di TPS 014 Kelurahan Muara Pinang, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumatera Utara, kolom C Hasil Perindo hanya berlatar warna hitam.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)