Dukung PDIP Gulirkan Hak Angket Kecurangan Pilpres 2024, Paloh: Prosesnya Biarkan Mengalir

Jum'at, 23 Februari 2024 - 18:19 WIB
loading...
Dukung PDIP Gulirkan Hak Angket Kecurangan Pilpres 2024, Paloh: Prosesnya Biarkan Mengalir
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (dua dari kanan) menilai inisiasi hak angket DPR perlu dihormati oleh semua pihak. Foto/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menilai inisiasi hak angket DPR perlu dihormati oleh semua pihak. Pasalnya, angket itu merupakan hak konstitusional legislator yang dijamin oleh undang-undang (UU).

Atas dasar itu, Paloh menyayangan bila ada pihak yang menyambut negatif terkait usulan pengajuan angket DPR untuk mengusut kejanggalan dalam proses Pemilu 2024. "Kan sayang sekali kita ada hak konstitusional diinisiasi siapa pun itu, barangkali saat ini kawan-kawan dari PDIP, misalnya, ah kita katakan tidak baik, kita katakan kurang, kita tidak sepakat. (Angket) itu hak dalam berdemokrasi," kata Paloh di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

Terlepas dari itu, Paloh menegaskan, sikap Koalisi Anies-Imin akan mendukung PDI-Perjuangan untuk ajukan hak angket DPR. "Sikap kita dalam hal ini pendukung Mas Anies dan Cak Imin dalam Koalisi Perubahan jelaslah memberikan support memberikan katakanlah dukungan. Prosesnya bagaimana? Ya biarkan dia mengalir saja secara natural saja," terangnya.





Sebelumnya, Koalisi Perubahan pengusung Anies-Muhaimin mendukung ide Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo terkait penggunaan hak angket DPR untuk menyelidiki kejanggalan dalam proses Pemilu 2024. Sikap itu diputuskan setelah para sekretaris jenderal (sekjen) Koalisi Perubahan melangsungkan pertemuan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (12/2/2024).

Adapun ketiga elite petinggi parpol yang bertemu itu ialah Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, dan Sekjen PKS Aboe Bakal Alhabsyi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)