Respons AHY soal Wacana Hak Angket DPR Usut Kecurangan Pemilu 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 23:38 WIB
loading...
Respons AHY soal Wacana Hak Angket DPR Usut Kecurangan Pemilu 2024
Menteri ATR/BPN sekaligus Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono buka suara terkait wacana hak angket demi mengusut kecurangan Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri ATR/BPN sekaligus Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) buka suara terkait wacana hak angket demi mengusut kecurangan Pilpres 2024. AHY menilai, bahwa usulan tersebut merupakan hal yang wajar sebagai bagian dari ekspresi dan demokrasi.

"Saya tahu ini adalah bagian ekspresi dari berbagai kalangan pasca penghitungan suara. Itu wajar. Setiap tahun pemilu di negara mana pun selalu ada isu-isu demikian," kata AHY kepada wartawan di Istana Negara, Rabu (21/2/2024).

"Tetapi saya punya keyakinan, walaupun sekarang masih penghitungan sementara, tapi yang jelas sudah bisa terbaca siapa yang menjadi pemenang Pemilu. Walaupun kita menghormati secara formal sampai dengan tuntas, tetapi yang jelas kita justru harus move on lima tahun, 10 tahun ke depan ini banyak tantangan dan komplikasinya," sambung AHY.



AHYmenilai, yang harus dilakukan saat ini adalah, membangun kembali rekonsiliasi dan memberikan ruang demokrasi.

"Kalau ada yang tidak puas ada mekanismenya, silakan, itu hak warga negara, hak partai politik. Tetapi saya tidak ingin terjebak kita terlalu carut marut dalam isu-isu semacam itu. Karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan," ungkapnya.

Lebih jauh dia menegaskan, Demokrat akan selalu bijak menggunakan suaranya di parlemen. Ia memastikan, partainya tidak akan terjebak dalam isu yang mengganggu konsentrasi pemerintah.

"Demokrat hari ini bersama pemerintah, ada dalam pemerintah. Jadi jelas kami biasanya disiplin sesuai dengan kebijakan partai. Kami ingin mengawal pemerintahan Presiden Jokowi dan kami semua sampai dengan tuntas," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)