Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ini Karier AHY di Militer dan Politik

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:52 WIB
loading...
Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ini Karier AHY di Militer dan Politik
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pernyataan pers di depan wartawan terkait sejumlah isu. Salah satu isu yang dibahas yakni berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Jakarta, Kamis (12/1/2023). FOTO/MPI/YULIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) . Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Rabu (21/2/2024) siang.

Pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan undang-undang dengan selurus-lurusnya," demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Jokowi yang diikuti AHY.



"Demi Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," sambungnya.

Karier AHY

Lahir di Bandung, 10 Agustus 1978, AHY merupakan putra pertama dari Presiden ke-6 RI Jenderal TNI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan (almh) Kristiani Herrawati (Ani Yudhoyono).

Pada 8 Juli 2005, AHY menikah dengan Annisa Larasati Pohan, putri mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Aulia Pohan. Ketika menikah, AHY merupakan seorang perwira dengan pangkat Letnan Satu, saat itu ia berusia 27 tahun, dan Annisa berusia 24 tahun.

AHY dan Annisa Pohan dikaruniai seorang putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

AHY diketahui merupakan lulusan terbaik Akademi Militer tahun 2000 dan menerima penghargaan Adhi Makayasa. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di US Army Maneuver Captain Career Course di Fort Benning, Amerika Serikat pada tahun 2011.



Kemudian AHY melanjutkan pendidikan di US Army Command and General Staff College di Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat pada 2015.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3781 seconds (0.1#10.140)