Rocky Gerung Sebut Sirekap Miliki Peran Vital

Rabu, 21 Februari 2024 - 09:11 WIB
loading...
Rocky Gerung Sebut Sirekap Miliki Peran Vital
Rocky Gerung dalam dialog spesial bertajuk Rakyat Bersuara bersama Aiman Witjaksono yang disiarkan secara langsung oleh iNews TV, Selasa (20/2/20224) malam. FOTO/MPI/FELLDY UTAMA
A A A
JAKARTA - Pengamat politik, Rocky Gerung berpandangan bahwa keberadaan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara ( Sirekap ) sama pentingnya dengan rekapitulasi manual yang dilakukan secara berjenjang. Dia meminta agar tak ada pihak yang mengecilkan peran sistem tersebut.

Rocky mengatakan meskipun sebagai alat bantu, keberadaannya juga perlu dipastikan dapat bekerja secara optimal. Dia mengibaratkan dengan sebuah alat untuk membantu seseorang yang menderita penyakit pernapasan.

"Kalau Anda kesulitan napas, alat bantu bernapasnya itu vital. Jadi mengapa disebut sesuatu informal tetapi tidak bermakna, karena dia cuma alat bantu," kata Rocky dalam dialog spesial bertajuk 'Rakyat Bersuara' bersama Aiman Witjaksono yang disiarkan secara langsung oleh iNews TV, Selasa (20/2/20224) malam. Dialog tersebut mengangkat sebuah fenomena di lapangan terkait banyaknya kejanggalan yang terjadi dalam Sirekap.



Karena itu, Rocky Gerung menekankan kembali agar tidak ada pihak yang mencoba menyederhanakan kerja Sirekap hanya lantaran sistem tersebut alat bantu publik guna mengetahui perolehan suara Pemilu 2024 lebih cepat sebelum proses rekapitulasi manual secara berjenjang.

"Justru alat bantu itu yang diperlukan sementara (karena) alat resminya belum ada. Kan berpikirnya begitu," ujarnya.

"Sirekap itu fungsinya apa? disediakan negara untuk melayani kepentingan publik mengetahui informasi lebih awal, kan itu dasarnya kan? Yang disebut alat bantu untuk memungkinkan publik untuk memakai alat itu," katanya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)