AHY Bakal Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ini Sosoknya

Selasa, 20 Februari 2024 - 21:28 WIB
loading...
A A A
Kakek AHY adalah Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo, yang dikenal sebagai militer profesional yang lurus, teguh hati, dan sederhana. AHY memiliki latar belakang militer.

AHY mundur sebagai prajurit TNI Angkatan Darat (AD) pada September 2016 dengan pangkat terakhir mayor. Dia sempat mencoba peruntungan di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017.

Namun, AHY yang saat itu berpasangan dengan Sylviana Murni tersisih di putaran pertama melawan Pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Kemudian, AHY meresmikan lembaga kajian The Yudhoyono Institute pada 10 Agustus 2017.

Suami Annisa Pohan ini juga pernah digadang-gadang sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Namun, Sandiaga Uno yang akhirnya dipilih menjadi cawapres pendamping Prabowo.

Demokrat sempat masuk dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Demokrat keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) usai kabar Anies Baswedan dipasangkan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) secara sepihak.

Selanjutnya, Demokrat bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju. Koalisi ini mendukung calon presiden Prabowo Subianto yang didampingi putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)