Website KPU Diserang Ratusan Juta Serangan

Rabu, 14 Februari 2024 - 22:50 WIB
loading...
Website KPU Diserang Ratusan Juta Serangan
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). Foto/Irfan Maruf
A A A
JAKARTA - Website Komisi Pemilihan Umum (KPU) kpu.go.id diduga mengalami serangan ratusanjuta denial of service (DOS) sejak Rabu (14/2/2024) pagi hingga malam. Akibatnya, website KPU lambat bahkan sempat tak dapat diakses.

Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos mengungkapkan, banyak serangan ke website kpu.go.id. Ia menuturkan, website kpu.go.id mendapatkan serang denial of service (DOS) yang jumlahnya mencapai ratusan juta.

"Ratusan juta. Saya enggak bilang puluhan, enggak bilang satuan, tapi ini ratusan juta. Itu serangan ke website KPU luar biasa," kata Betty di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).



Dia menjelaskan, website kpu.go.id berisikan informasi dan data. Tidak ada informasi mengenai hasil penghitungan dalam website utama KPU itu.

Namun, serangan itu tetap menyasar website utama KPU. "Jadi hampir semua situs yang dimiliki KPU diserang. Itu memang di website kpu.go.id lumayan serangan terhadap website tersebut. Ratusan juta," kata dia.

Betty menambahkan, pihaknya telah melakukan penanganan sejak serangan itu terjadi. Satgas keamanan siber juga disebut telah siaga untuk mengatasi serangan.

"Alhamdulillah sekarang sudah mulai recovery untuk website kpu.go.id. Mudah-mudahan semua masih under control untuk diperbaiki oleh KPU," ujar Betty.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)