Cegah Kecurangan, KPU Minta Masyarakat Kawal Langsung Penghitungan Suara di TPS

Selasa, 13 Februari 2024 - 22:38 WIB
loading...
Cegah Kecurangan, KPU Minta Masyarakat Kawal Langsung Penghitungan Suara di TPS
KPU meminta kepada masyarakat untuk mengawal prosesi penghitungan suara di TPS masing-masing. Prosesi ini akan dilakukan sekira pukul 13.00 waktu setempat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta kepada masyarakat untuk mengawal prosesi penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing. Prosesi ini akan dilakukan sekira pukul 13.00 waktu setempat.

Hal ini menjadi salah satu yang disampaikan oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam pidatonya jelang hari pemungutan suara yang akan dilakukan pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

"Kami berharap pemilih juga ikut hadir menyaksikan kegiatan penghitungan suara di TPS," kata Hasyim, Selasa (13/2/2024).



Hasyim mengatakan, masyarakat boleh ikut mendokumentasikan, baik itu mencatat, mengambil foto atau video kegiatan penghitungan suara di TPS. Hal ini penting dalam rangka supaya hasil penghitungan suara ini bisa diketahui oleh semua pihak.

"(Bisa) dikawal oleh semua pihak, dan kemudian itu menghindari tindakan-tindakan yang mengarah kepada kecurangan atau manipulasi suara," ujarnya.

"Sehingga dalam rangka menjaga keaslian suara pemilih di TPS sampai dengan rekapitulasi di jenjang kecamatan, kabupaten, kota, provinsi, sampai dengan di tingkat pusat," tutur dia melanjutkan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)