KPU Persilakan Parpol Konsultasi Soal Silon Pencalegan

Selasa, 10 Juli 2018 - 12:52 WIB
KPU Persilakan Parpol Konsultasi Soal Silon Pencalegan
KPU Persilakan Parpol Konsultasi Soal Silon Pencalegan
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau seluruh partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 untuk mempercepat proses mengisi (input) data bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di seluruh tingkatan melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Sebab hingga kini belum ada parpol yang mulai mengisi Silon.

Ketua KPU Arief Budiman belum mengetahui alasan parpol belum aktif meng-input data bacaleg yang telah direkomendasikan ke dalam Silon.

"(Parpol-red) Yang belum, kalau ada problem, kendala, silakan dikonsultasikan pada kami supaya nanti bisa segera diselesaikan," ujar Arief saat dikonfirmasi, Selasa (10/7/2018).

Arief mengaku tidak mengetahui secara persis berapa parpol yang sudah datang ke lembaganya untuk melakukan konsultasi penggunaan Silon. Menurut dia, setidaknya hingga tanggal 9 Juli kemarin belum ada parpol yang melakukan konsultasi.

"Belum ada parpol serahkan daftar calonnya," kata Arief menegaskan lembaganya siap menerima konsultasi parpol setiap harinya.

Sebelum melakukan penyerahan dokumen ke KPU, parpol diwajibkan mengunggah data ke Silon. Partai yang menjadi peserta pemilu sudah diberikan akses untuk memasukkan data sejak 4 Juni 2018.

Dari 16 parpol peserta pemilu, PKB menjadi partai terbanyak yang sudah mendaftarkan bacalegnya melalui Silon, dengan jumlah daerah pemilihan (dapil) 79 dari 80. Sedangkan, PDIP menjadi partai paling pertama yang melengkapi calegnya di semua dapil dengan 408 bacaleg. Hal itu berdasarkan data KPU per tanggal 8 Juli pukul 14.00 WIB.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5276 seconds (0.1#10.140)