Presiden Jokowi Anugerahi 22 Bintang Jasa ke Tenaga Medis

Kamis, 13 Agustus 2020 - 08:33 WIB
loading...
Presiden Jokowi Anugerahi 22 Bintang Jasa ke Tenaga Medis
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyerahkan 22 bintang jasa kepada perwakilan tenaga medis yang gugur karena merawat pasien Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyerahkan 22 bintang jasa kepada perwakilan tenaga medis yang gugur karena merawat pasien Covid-19. Ini adalah tahap pertama yang akan dilanjutkan dengan tahap berikutnya.

"Penganugerahan 9 Bintang Jasa Pratama dan 13 Bintang Jasa Nararya kepada tenaga medis yang gugur karena merawat pasien Covid-19 adalah bentuk duka cita mendalam dan penghormatan tertinggi negara terhadap seluruh tenaga medis yang menjadi garis depan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia," kata Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman melalui keterangan tertulisnya, Kamis (13/8/2020). (Baca juga: Fahri Hamzah-Fadli Zon Akan Dapat Bintang Tanda Jasa dari Presiden Jokowi)

Menurut Fadjroel, duka cita mendalam disampaikan juga kepada keluarga para tenaga medis yang wafat tersebut, serta kepada rekan sejawat seprofesi yang hingga saat ini masih berjibaku merawat pasien Covid-19. "Tanpa kenal lelah, dengan panggilan kemanusiaan tanpa sekat apapun, seluruh tenaga medis telah berjasa dalam menangani pandemi Covid-19 dengan penuh dedikasi dan profesional," jelasnya.

Fadjroel menuturkan, penyerahan 22 bintang jasa akan dilakukan Presiden Joko Widodo kepada perwakilan tenaga medis yang telah gugur. "Penyerahan 22 bintang jasa ini merupakan tahap pertama, yang akan dilanjutkan dengan tahap berikutnya dengan bintang jasa dan santunan yang sama kepada tenaga medis yang gugur," ungkapnya. (Baca juga: Presiden Jokowi Anugerahi Dua Tanda Kehormatan kepada KSAL)

Presiden Jokowi, kata dia, mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran di daerah maupun pusat dan tetap memerintahkan penanganan Covid-19 yang lebih masif mengedepankan strategi intervensi berbasis lokal dan kampanye disiplin penggunaan masker, menjaga jarak, mencuci tangan karena bahaya Covid-19 belum berlalu.

"Pemerintah bekerja keras menangani pandemi Covid-19 dan kehidupan sosial ekonomi rakyat Indonesia melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Termasuk mempercepat keberadaan vaksin Covid-19 melalui kerja sama BUMN Biofarma dengan pihak lain, serta vaksin Merah Putih melalui Lembaga Eijckman," tuturnya.

Menurut dia, gotong royong kebangsaan dan kemanusiaan 267 juta rakyat Indonesia adalah kunci disiplin penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional untuk keselamatan, kesehatan dan keberlanjutan hidup seluruh rakyat Indonesia.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)