Ganjar Bakal Wujudkan UMKM Naik Kelas dan Kerja Sat Set untuk Urusan Nelayan

Kamis, 08 Februari 2024 - 16:48 WIB
loading...
Ganjar Bakal Wujudkan UMKM Naik Kelas dan Kerja Sat Set untuk Urusan Nelayan
Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan akan memberikan pendampingan dan modal bagi UMKM untuk dapat naik kelas dan melakukan ekspor ke luar negeri. Foto/MPI
A A A
BANYUWANGI - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan akan memberikan pendampingan dan modal bagi usaha menengah kecil mikro (UMKM) untuk dapat naik kelas dan melakukan ekspor ke luar negeri.

Awalnya, Ganjar dan Cawapres Mahfud MD sering mendengar keluhan-keluhan pelaku UMKM saat berkeliling Indonesia. Para pelaku UMKM mengeluhkan agar usahanya dapat naik kelas.



"Ketika kami bertemu dengan pelaku para UMKM jeritan mereka mirip seperti yang disampaikan, Pak Ganjar apakah UMKM kami bisa naik kelas dan bisa ekspor? Jawabannya adalah bisa," ujar Ganjar pada Hajatan Rakyat Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (8/2/2024).

Ganjar mengatakan bahwa UMKM butuh peningkatan kapasitas, pelatihan, dan juga akses permodalan serta pendampingan. Dirinya pun optimistis UMKM Indonesia bisa naik kelas jika hal-hal tersebut terpenuhi.

Ganjar pun mencontohkan saat menjadi Gubenur Jawa Tengah, dirinya berhasil membuat UMKM naik kelas. Hal itu terbukti saat dirinya memberikan pendampingan dan akses modal.

"Dan Alhamdulillah ketika amanah sebagai Gubernur dibuktikan kepada saya di Jawa Tengah UMKMnya sudah eskpor ke Osaka, UMKM-nya sudah ekspor ke Belgia, UMKM-nya sekarang sudah jualan di Perancis karena kita mendampingi mereka memberikan pendampingan dan akses permodalan," tutur Ganjar.

Dengan pengalaman tersebut, Ganjar dan Mahfud akan membawa hal tersebut untuk mewujudkan UMKM naik kelas. "Maka Insya Allah Ganjar-Mahfud juga akan membawa itu," kata Ganjar.

Selain pelaku UMKM, Ganjar juga mendengar banyak keluhan dari para nelayan. Keluhan tersebut di antaranya mengenai kuota BBM dan alat tangkap.



"Dan pada saat saya ada di Lampung mereka menyampaikan satu, Pak Ganjar perizinannya tolong dipermudah, penjualannya bisa gampang, harganya bisa terjangkau. Dan itulah pekerjaan Sat Set yang bisa kita lakukan," tegasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)