Bagikan Kisah Purnawirawan Polri Cairkan Pensiun Rp1,6 Juta, Mahfud: Kita Urus yang Begini

Kamis, 08 Februari 2024 - 14:48 WIB
loading...
Bagikan Kisah Purnawirawan Polri Cairkan Pensiun Rp1,6 Juta, Mahfud: Kita Urus yang Begini
Mahfud MD saat menyapa masyarakat dalam acara Doa Bersama dan Gebyar Budaya di Desa Sumberrejo, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (7/2/2024). Foto/MPI
A A A
LUMAJANG - Pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkomitmen untuk mendorong kesejahteraan anggota Polri yang memiliki pangkat rendah dan telah purnatugas.

Bahkan, keduanya juga memastikan agar anak-anak purnawirawan Polri mendapatkan pendidikan yang laik secara gratis lewat program beasiswa.



Hal ini diungkapkan oleh Mahfud MD saat menyapa masyarakat dalam acara Doa Bersama dan Gebyar Budaya di Desa Sumberrejo, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (7/2/2024).

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itupun menyebut banyak anggota polisi dan purnawirawan berpangkat rendah tidak memiliki kesejahteraan yang layak. Mulai dari tempat tinggal, jaminan pensiun, hingga pendidikan sang buah hati.

"Banyak polisi itu hidup di asrama yang kotor, tidak bagus bangunannya. Gajinya kecil, sesudah pensiun diusir juga dari asrama. Anaknya tidak sekolah," ujar Mahfud.

"Kita urus yang begini nih. Agar, polisi yang sudah mengabdi kepada bangsa dan negara ini, menjaga keamanan, ketertiban, anak-anaknya bisa sekolah," imbuh Mahfud.

Mahfud menceritakan pernah ada satu momen dirinya bersua dengan salah satu purnawirawan polri di suatu bank tampak mengenakan pakaian lusuh tengah duduk termenung ingin mengambil uang pensiun.

Kala itu, eks Ketua MK itu menanyakan berapa nominal pensiun yang didapat. Mahfud pun kaget mendengar nominal pensiun purnawirawan Polri itu, padahal pensiunan polisi itu telah mengabdi kepada Ibu Pertiwi selama puluhan tahun.



"Puluhan tahun jadi polisi, pensiunannya hanya Rp1,6 juta itu pun antre setiap bulan datang ke bank. Bapak tinggal di mana? Aduh saya tinggal di tempat seada-adanya karena dulu saya di asrama, sekarang saya harus keluar dari asrama. Anaknya sekolah tidak? Hanya sampai SMP pak. Yang begini ini harus diperhatikan kesejahteraan polisi," pungkas Mahfud.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)