Sambangi Kota Tebing Tinggi, Presiden Joko Widodo Pastikan Progam JKN Berjalan Optimal

Kamis, 08 Februari 2024 - 12:03 WIB
loading...
Sambangi Kota Tebing Tinggi, Presiden Joko Widodo Pastikan Progam JKN Berjalan Optimal
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyapa langsung dengan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara.
A A A
TEBING TINGGI - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyapa langsung dengan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Kegiatan yang berlangsung di GOR Asber Nasution ini turut dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti, bersama Pj. Gubernur Sumatera Utara Mayor Jendral (Purn) Hasanuddin, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Syarmadani, dan berbagai stakeholder terkait serta diikuti oleh 1.500 peserta JKN.

Jokowi menegaskan pentingnya Program JKN sebagai bentuk jaminan kesehatan yang komprehensif bagi seluruh warga negara. Menurutnya kesehatan adalah investasi masa depan bangsa. Melalui Program JKN, pemerintah memberikan perlindungan kesehatan yang luas dan terjangkau bagi masyarakat.

"Saat ini terdapat lebih dari 96,7 juta peserta JKN yang iurannya ditanggung oleh negara. Capaian ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia," ucap Jokowi.

Jokowi juga menekankan komitmen pemerintah dalam menyediakan fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Dikatakan bahwa pemerintah terus berupaya memastikan bahwa setiap warga negara dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas, tanpa terkecuali.

"Meski sudah tersedia rumah sakit, peserta JKN dapat mengakses layanan kesehatan di FKTP terlebih dahulu bila sakit ringan. Jangan semuanya ke rumah sakit, karena bila demikian maka antrean di rumah sakit akan menjadi panjang dan tidak maksimal dalam melayani peserta JKN," tutur Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, kesehatan merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan bangsa. Dengan komitmen dan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan Indonesia dapat terus maju dalam mencapai kesejahteraan dan kesehatan yang merata.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, menyampaikan bahwa Program JKN telah menjadi program strategis pemerintah yang paling dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan capaian kepesertaan JKN yang semakin tinggi. Per 1 Februari 2024, terdapat 267,87 juta atau 95,97 persen dari total penduduk Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta JKN.

“Di Kota Tebing Tinggi sendiri, seluruh penduduk telah terdaftar sebagai peserta JKN dan menyandang predikat Universal Health Coverage (UHC). Capaian ini tentu berkat dukungan yang luar biasa dari pemerintah dan seluruh stakeholder yang terlibat dalam menyukseskan Program JKN,” ujar Ghufron.

Ghufron menekankan, dengan semakin tingginya jumlah peserta JKN juga perlu diimbangi dengan jumlah fasilitas kesehatan yang mumpuni untuk melayani peserta JKN. Saat ini terdapat 23.639 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 3.120 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.

"Terdapat 19 FKTP dan 6 FKRTL di Kota Tebing Tinggi yang telah menjadi mitra BPJS Kesehatan. Dari jumlah tersebut, beberapa rumah sakit telah menyediakan layanan canggih bagi peserta JKN, seperti CT-scan, ekokardiografi, pemeriksaan appendicogram dan mammografi," kata Ghufron.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)