Dapat Dukungan dari KDTI, Ganjar Janjikan Kesetaraan untuk Disabilitas

Minggu, 04 Februari 2024 - 19:45 WIB
loading...
Dapat Dukungan dari KDTI, Ganjar Janjikan Kesetaraan untuk Disabilitas
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menerima dukungan dari ribuan disabilitas dari Komunitas Disabilitas Tunarungu Indonesia (KDTI). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menerima dukungan dari ribuan disabilitas dari Komunitas Disabilitas Tunarungu Indonesia (KDTI). Ribuan penyandang disabilitas dari berbagai kota di Indonesia itu hadir dalam acara bersama Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud dan Ganjar Pranowo di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (2/4/2024).

Acara ini dihadiri ribuan penyandang disabilitas dari berbagai kota di Indonesia dan dihadiri langsung oleh Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid dan Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud Mustar Bona Ventura. Mustar mengungkapkan, acara ini merupakan kerinduan para disabilitas bertemu dengan Ganjar.

"Kedua adalah memastikan mereka tekad bulat untuk mendukung Pak Ganjar. Itu sudah mereka sampaikan berulang kali. Ingin mengingatkan pada pasangan Ganjar-Mahfud sekiranya nanti menjadi presiden negara harus hadir untuk kaum disabilitas," ujar Mustar.

Mustar menambahkan, para disabilitas tersebut mengharapkan kesetaraan dan mereka tidak boleh diremehkan, tidak boleh dipinggirkan. Pemerintah tidak boleh tutup mata terhadap hal ini.

"Mereka juga punya mimpi dan harapan yang sama seperti anak-anak yang lain. Punya mimpi menjadi dokter, pingin menjadi pegawai negeri sipil, pengen kerja di kantoran dan lain lain dan sebagainya," imbuhnya.

Dia menuturkan, selama ini para disabilitas masih banyak terkendala mendapatkan pekerjaan, akses informasi, dan fasilitas yang seharusnya diberikan negara. Mustar melanjutkan, sekitar 4.000 KDTI hadir pada acara tersebut.

Sementara itu, Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid mengungkapkan kelompok disabilitas menjadi perhatian pasangan Ganjar-Mahfud. Arsjad menambahkan, jika terpilih nanti, pasangan Ganjar-Mahfud akan memberikan perhatian khusus dalam lapangan pekerjaan dan sekolah untuk disabilitas.

"Ingin pastikan setiap desa ada mobil-mobil bisa mengatur disabilitas. Jumlahnya lebih dari 30 juta. Kita tidak boleh meninggalkan siapa pun, Itu penting sekali," ujar Arsjad.

Ganjar berhalangan hadir karena sedang bersiap hadapi debat malam ini. Meski demikian, dia menyapa lewat telekonferensi. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun berterima kasih atas dukung dari kelompok tunarungu ini.

Dia menyatakan sudah menampung banyak masukan dari teman-teman disabilitas. Ganjar pun menjanjikan tiga hal kepada mereka. Pertama, kesetaraan untuk penyandang disabilitas.

Kedua, aksesibilitas agar para penyandang disabilitas punya hak yang sama untuk mengakses pekerjaan hingga pendidikan yang layak. Ketiga, intensif untuk para penyandang disabilitas agar bisa semakin mandiri dan berdaya.

"Mudah-mudahan, rumusan-rumusan berikutnya kita akan duduk bersama, kita akan diskusi bersama, agar kita bisa merumuskan yang terbaik untuk kawan-kawan penyandang disabilitas," pungkas Ganjar lewat telekonferensinya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)