alexametrics

Menhan Minta Pemudik Sebarkan Nilai Bela Negara

loading...
Menhan Minta Pemudik Sebarkan Nilai Bela Negara
Menhan Minta Pemudik Sebarkan Nilai Bela Negara. (Koran SINDO.Sucipto).
A+ A-
JAKARTA - Ribuan prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) kemarin mengikuti kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan secara serentak oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan), Mabes TNI, TNI AL, TNI AD, serta TNI AU.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, mudik gratis ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Mudik gratis bertujuan untuk membantu jajarannya merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 H di kampung halaman. Dia berpesan kepada para pemudik untuk menyebarkan nilai-nilai bela negara di kampung halaman.



“Tunjukkan di sana (kampung halaman) nilai-nilai bela negara, NKRI harga mati,” ucapnya. Mantan kepala staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini juga meminta kepada para pemudik untuk peka terhadap lingkungan di sekitarnya dan melaporkan kepada Kemhan bila menemukan kejadian yang mengancam dan membahayakan keamanan masyarakat dan negara.

“Kalau ada kejadian lapor. Jangan sampai ada kejadian luar biasa di negara ini bengong-bengong saja. Baik PNS, prajurit, harus mengerti situasi, kaya kemarin serangan bom, bagai mana anggota harus bergerak, biar ada petunjuk dari Kemhan. Jangan sampai jalan tidak mem iliki tujuan,” ucapnya.

Mantan panglima Kostrad ini menyatakan institusinya memberangkatkan 30 bus untuk mudik. Rinciannya, 14 bus tujuan Yogyakarta; 12 bus tujuan Solo, 3 bus tujuan Surabaya, dan 1 bus tujuan Lampung dengan total penumpang 623 orang.

“Menjelang Lebaran kan sulit mendapatkan tiket, sebagai bentuk kepedulian kami adakan mudik gratis karena lebih efektif, efisien dan terjamin keamanannya,” kata Ryamizard.

Di tempat terpisah, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji juga melepas 3.693 pemudik yang terdiri atas prajurit TNI AL dan keluarganya dengan menggunakan 69 bus di Lapangan Apel Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak