Heboh Laman Resmi Kemhan Diduga Diretas, Brigjen TNI Edwin: Kami Sedang Dalami

Kamis, 02 November 2023 - 09:31 WIB
loading...
Heboh Laman Resmi Kemhan Diduga Diretas, Brigjen TNI Edwin: Kami Sedang Dalami
Ramai di media sosial X (sebelumnya Twitter) bahwa laman resmi Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengalami peretasan. Foto/@stealthmole_int
A A A
JAKARTA - Ramai di media sosial X (sebelumnya Twitter) bahwa laman resmi Kementerian Pertahanan ( Kemhan ) mengalami peretasan. Berdasarkan akun yang fokus pada laporan keamanan siber @stealthmole_int, terlihat bukti tangkapan layar yang memperlihatkan bahwa peretas mengklaim telah membobol situs Kemhan.

Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha menegaskan, saat ini pihaknya tengah mendalami kebenaran informasi yang tersebar di media sosial itu. "Kami sedang mendalami informasi tersebut melalui satker terkait, perkembangan informasi akan kami update yah Mbak," kata Edwin kepada MNC Portal, Kamis (2/11/2023).

Edwin menegaskan, saat ini tidak ada kendala yang tejadi pada laman resmi Kemhan. "Untuk website tidak ada kendala Mbak, namun satker yang menangani hal ini sedang melaksanakan pemeriksaan terkait informasi tersebut Mbak," ucapnya.



Hingga berita ini dimuat, belum terkonfirmasi apakah ada kebocoran data yang dialami Kementerian Pertahanan atau tidak. Sebab, peretas mengklaim bahwa dirinya telah mengantongi dokumen rahasia dan sensitif. Bahkan, peretas mengaku akan menjualnya di pasar gelap.

"Muncul Peretas yang Mengaku Menjual Akses ke Kementerian Pertahanan Indonesia. Seorang peretas mengaku telah berhasil meretas Kementerian Pertahanan Indonesia dan memposting pesan di pasar gelap, menawarkan untuk menjual dokumen rahasia dan sensitif situs web tersebut, serta akses admin," tulis akun @stealthmole_int, Rabu (1/11/2023).

"Sebagai buktinya, peretas membagikan tangkapan layar dan menegaskan bahwa server tersebut berisi sekitar 1,64TB data. Analisis tangkapan layar tidak menutup kemungkinan bahwa peretas mengakses situs web tersebut," sambungnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)