Bukan Orang Parpol, Erick-Anies-Ridwan Kamil Tetap Berpeluang Diusung di Pilpres 2024

loading...
Bukan Orang Parpol, Erick-Anies-Ridwan Kamil Tetap Berpeluang Diusung di Pilpres 2024
Erick Thohir, Anies Baswedan, Ridwan Kamil. Foto/Dok SINDO
A+ A-
JAKARTA - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan menjadi pasar bebas mengingat petahana Joko Widodo (Jokowi) sudah tak bisa maju lagi. Nama-nama calon potensial yang banyak muncul selalu di lingkaran kekuasaan dan kepala daerah.

Sederet nama yang digadang memiliki peluang maju pada Pilpres 2024, seperti Prabowo Subianto, Erick Thohir, Puan Maharani, Anies Rasyid Baswedan, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranowo. Di luar lingkaran kekuasaan, ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Pengamat politik Idil Akbar mengatakan saat ini semua nama-nama itu dalam posisi setara.Bahkan, sekalipun mereka bukanlah anggota atau pengurus partai politik.

"Saya pikir sangat mungkin tergantung sejauh mana tokoh di luar partai mempunyai komitmen terhadap partai politik. Kedua, mempunyai potensi menang. Jika dua syarat itu dipenuhi, partai politik berpeluang mengusung," terangnya kepada SINDOnews, Rabu (12/8/2020).(Baca juga: 4 Gubernur Berpeluang Nyapres, Ini Elektabilitasnya).

Tiga nama yang sekarang sedang moncer, Erick, Anies, dan Ridwan Kamil, diketahui bukanlah anggota parpol. Namun, Anies belakangan dekat dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, dan Nasdem. Ridwan Kamil pun disebut-sebut dekat dengan Nasdem. Bahkan, belakangan diisukan dekat dengan Partai Golkar.(Baca juga: Persaingan Menuju Pilpres 2024, Elektabilitas Semu Kepala Daerah).



"Sempat ada pertemuan Ridwan Kamil dengan Airlangga. Ini bisa dibaca Golkar kemungkinan melirik Ridwan Kamil untuk proses kepemimpinan 2024. Mungkin akan ada partai lain ikut," tuturnya.
(zik)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top