Cara PDIP Umumkan Cakada di Pilkada 2020 Dinilai Sistematis

loading...
Cara PDIP Umumkan Cakada di Pilkada 2020 Dinilai Sistematis
Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menilai, langkah PDIP yang mengumumkan pasangan calon kepala daerah (Cakada) di Pilkada 2020 cukup positif. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menilai, langkah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengumumkan pasangan calon kepala daerah (Cakada) di Pilkada 2020 cukup positif.

(Baca juga: Langkah PDIP Umumkan Paslon Bertahap Strategi Menangkan Pilkada)

Menurut Qodari, langkah itu dianggap berbeda dari pilkada sebelumnya. Sebab, biasanya para pasangan cakada dikenalkan ke publik jelang pendaftaran ke KPU.

(Baca juga: Megawati Minta 75 Cakada PDIP Ikuti Cara Kepemimpinan Bung Karno)



"Kali ini untuk Pilkada 2020, saya lihat PDI Perjuangan jauh lebih proaktif dibandingkan pilkada sebelumnya. Dari segi timing, ini sebuah kemajuan yang sangat signifikan. Apalagi sekarang sudah gelombang ketiga," kata Qodari, Rabu (12/8/2020).

(Baca juga: Sistem Ganjil Genap Selama 24 Jam Picu Kontroversi)

Selain itu kata Qodari, ada upaya sistematis dari PDIP dalam merencanakan kegiatan Pilkada terutama pada tahap penetapan calon.



Dengan pengumuman yang dilaksanakan bergelombang alias beberapa tahap, memberikan simbol kepada publik bahwa ada proses atau mekanisme yang bekerja di dalam internal partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top