Gibran Dianggap Songong saat Debat, Jokowi: Saya Enggak Mau Menilai Lagi

Rabu, 24 Januari 2024 - 09:55 WIB
loading...
Gibran Dianggap Songong saat Debat, Jokowi: Saya Enggak Mau Menilai Lagi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak mau lagi memberikan penilaian saat dimintai tanggapannya soal Gibran Rakabuming Raka dianggap songong dalam debat cawapres. Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dianggap songong oleh sebagian banyak netizen atau warganet. Bahkan, kata songong trending topic di media sosial Twitter/X saat debat cawapres di JCC, Minggu, 21 Januari 2024.

Terkait Gibran, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak mau lagi memberikan penilaian. "Saya enggak mau menilai lagi. Menilai-nilai nanti jadi debat yang kedua lagi," kata Jokowi dalam keterangannya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024).

Diketahui, Gibran Rakabuming Raka mendapat sorotan negatif dalam debat keeempat Pilpres 2024 yang digelar KPU di Plenary Hall, Jakarta Conventional Center (JCC), Senayan, Minggu (21/1/2024) malam. Gestur dan ucapan Gibran dinilai tidak menghargai kandidat lainnya, Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar.





Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid menilai panggung debat capres-cawapres adalah sebuah ajang bagi masyarakat untuk melihat apa isi kepala calon pemimpin Indonesia. Yenny menyayangkan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat melakukan gimik membuat suasana debat menjadi rusak.

"Berkaitan dengan kebijakan berkaitan dengan regulasi, berkaitan dengan apa yang akan mereka usung menjadi prioritas kebijakan ketika nanti menjabat sebagai presiden dan wakil presiden," kata Yenny saat ditemui di JCC usai debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024 malam.

"Nah agak sedikit disayangkan bahwa kemudian suasana menjadi segitu rusak ketika ada persoalan cara menyampaikan debat yang tidak sesuai dengan norma kesopanan di Indonesia. Jadi ada penilaian seolah-olah, ada paslon tertentu yang berupaya untuk meremehkan paslon lainnya menurut saya kita membutuhkan debat yang bermartabat debat yang menggali substansi," katanya.

Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Rieke Diah Pitaloka angkat bicara soal gestur Gibran Rakabuming Raka kepada cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat debat keempat Pilpres 2024. Dia menilai Gibran tidak memiliki adab dan etika.

"Mungkin sedang main pantomim atau stand up comedy," kata Rieke di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2024).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)