Jokowi Resmikan Jalan Daerah Muntilan-Keningar Akses Evakuasi Merapi

Senin, 22 Januari 2024 - 13:42 WIB
loading...
Jokowi Resmikan Jalan Daerah Muntilan-Keningar Akses Evakuasi Merapi
Presiden Jokowi saat meresmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024). FOTO/SETPRES
A A A
MAGELANG - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024). Menurut Jokowi, ruas tersebut juga merupakan akses evakuasi untuk Gunung Merapi.

"Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi sehingga perlu saya lihat, saya tinjau dan sudah selesai," kata presiden dalam keterangannya di lokasi usai peresmian.

Jokowi menjelaskan, anggaran inpres jalan daerah tahun 2023 adalah sebesar Rp14,6 triliun. Dari jumlah tersebut, dana yang digelontorkan ke Provinsi Jawa Tengah adalah sebesar Rp1,36 triliun untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan di Jawa Tengah, termasuk jalan ruas Muntilan-Keningar.



"Dan di Kabupaten Magelang dibangun empat ruas jalan sepanjang 18,2 kilometer dengan biaya Rp31,9 miliar," imbuhnya.

Lebih lanjut, Presiden menjelaskan ruas jalan Muntilan-Keningar dibangun bukan dengan aspal, melainkan dengan menggunakan rigid beton. Dengan demikian, diharapkan jalan tersebut akan lebih kuat dan awet.

"Karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir besar-besar sehingga dibangun dengan rigid beton. Kita harapkan ini lebih awet dan juga ruas-ruas jalan yang ada di Jawa Tengah lebih mulus, lebih baik lagi. Besok saya akan melihat beberapa ruas yang lainnya," katanya.



Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi dalam kegiatan tersebut adalah Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Magelang Zaenal Arifin.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)