Etika Komunikasi Penting agar Indonesia Terhindar dari Perpecahan Jelang Pemilu 2024

Minggu, 21 Januari 2024 - 16:59 WIB
loading...
Etika Komunikasi Penting agar Indonesia Terhindar dari Perpecahan Jelang Pemilu 2024
Pakar Komunikasi dan Politik Universitas Indonesia (UI) Prof Effendi Gazali. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Etika seringkali dianggap sebagai moral compass penopang peradaban manusia, karena sangat menentukan unsur kepantasan di setiap kejadian. Pada konteks kehidupan bernegara, penting mengupayakan hadirnya etika dalam keseharian masing-masing individu.

Pakar Komunikasi dan Politik Universitas Indonesia (UI) Prof Effendi Gazali mengatakan, penentuan niat dalam berkomunikasi penting agar Indonesia memiliki ketahanan lebih dari upaya segregasi dan penunggangan kepentingan tertentu, khususnya menjelang kontestasi Pemilu 2024 .

"Seringkali ada pihak yang memang punya niat untuk memecah-belah kelompok masyarakat agar elektabilitas dirinya, kelompoknya, partainya, atau capresnya bisa naik mengalahkan lawan-lawannya," ujar Effendi dalam keterangannya dikutip, Minggu (21/1/2024).

Effendi Gazali berharap agar semua pihak yang ikut andil dalam pendewasaan demokrasi di Indonesia. Tidak asal bicara, yang disadari atau tidak, berpotensi membuat jurang pemisah antar masyarakat. Dibutuhkan kecerdasan berkomunikasi untuk menyadari bahwa seluruh kebebasan ada batasnya, termasuk dalam berbicara.

Batas tak terlihat ini, kata dia, jika dilanggar justru akan mencederai kebebasan orang lain, atau mungkin menghancurkan kesatuan dan kekompakan dari kelompok masyarakat lainnya. Hal itu bisa terjadi hanya karena pernyataan tidak beretika yang diucapkan oleh seorang komunikator.

"Maka dari itu, terutama bagi para figur atau tokoh masyarakat yang biasanya mendapatkan porsi lebih untuk tampil di khalayak ramai, sudah sepatutnya menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik," katanya.

Effendi menilai adanya kebutuhan saling mengingatkan pada semua tokoh yang sering mendapat kesempatan berbicara di depan publik. Sebab, perpecahan bisa disebabkan oleh kalimat-kalimat kecil yang semula tidak dibayangkan, ternyata bisa berakibat fatal.

"Mulai dari humor, anekdot, hingga pengandaian-pengandaian yang tidak pas disampaikan di ruang publik. Alangkah baiknya jika semua orang bisa bersatu dan punya alarm pada diri sendiri untuk memberhentikan perkataan yang berpotensi merusak kerukunan," katanya.

Pengamat politik ini menjelaskan, etika sebenarnya adalah konsep yang berlaku secara umum dan harus terus dijunjung tinggi terlepas apa pun keadaannya.

"Mereka yang dengan gampang melakukan pencemaran nama baik, menyebar fitnah atau hoax, memang harus diajak mencoba memahami bagaimana rasanya jika diri mereka, keluarganya, atau teman dekatnya menjadi korban. Dalam banyak upaya advokasi, contoh-contoh kasus dan diskusi seperti ini sangat membantu," kata Effendi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)