Sambangi Pembangunan Museum Reog di Ponorogo, Ganjar Bicara Ketahanan Budaya

Jum'at, 19 Januari 2024 - 22:32 WIB
loading...
Sambangi Pembangunan Museum Reog di Ponorogo, Ganjar Bicara Ketahanan Budaya
Capres Ganjar Pranowo disambut atraksi kesenian ratusan Reog Ponorogo dan penari kuda lumping saat menyambangi proyek pembangunan Museum Reog di Desa Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024) sore. FOTO/TPN GANJAR-MAHFUD
A A A
PONOROGO - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyambangi proyek pembangunan Museum Reog di Desa Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024) sore. Ia disambut atraksi kesenian ratusan Reog Ponorogo dan penari kuda lumping.

Ganjar mengatakan, kesenian dan kebudayaan termasuk dalam bagian sektor ketahanan bangsa. Tidak hanya ketahanan nasional, tetapi juga ketahanan budaya agar menjadi tameng dari gempuran seni budaya dari luar negeri.

"Kalau bicara seni dan budaya, maka dalam ketahanan nasional kita juga harus masuk pada ketahanan budaya agar kita tidak digempur oleh budaya lain dan bisa jadi tuan rumah," kata Ganjar.



Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga menyebutkan, kesenian Reog Ponorogo nantinya bisa menjadi tolok ukur kesenian tarian tradisional asli Indonesia.

Pelaku seni reog juga harus memiliki standar dalam mengembangkan keseniannya, sehingga Reog akan terus diperhitungkan sebagai budaya yang membanggakan bangsa Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)