Ganjar Pranowo: Menjaga Independensi dan Integritas Aparatur KPK Penting

Rabu, 17 Januari 2024 - 21:45 WIB
loading...
Ganjar Pranowo: Menjaga Independensi dan Integritas Aparatur KPK Penting
Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan menjaga independensi dan integritas para pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu penting. Foto/MPI/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan menjaga independensi dan integritas para pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu penting.

Hal itu Ganjar sampaikan saat berpidato di acara program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) untuk capres-cawapres.

"Ketika KPK independen maka menjaga independensi dan integritas oleh aparatur di KPK itu penting, tidak untuk bisa diintervensi oleh siapa pun," ujar Ganjar di Gedung Merah Putih, Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Lebih lanjut, Ganjar menuturkan kejaksaan dan kepolisian bisa mendorong transparansi proses untuk masyarakat dan penegakan hukum yang bebas dari intimidasi. Untuk mewujudkan transparansi, ia menilai LHKPN menjadi instrumen penting.

"LHKPN bukan cerita yang sulit. Kami di ruangan ini pernah bersama dengan DPRD saat itu, dapat penghargaan. Karena Ketika macet, ternyata kuncinya gampang, undang KPK suruh isi saat itu, selesai semuanya. Dan ini pola yang kita lakukan ketika koordinasi supervisi dan pencegahan kita lakukan," terang Ganjar.


"Melibatkan pemerintah, KPK dan dunia usaha termasuk dunia pendidikan adalah cara pencegahan yang bagus," tutup Ganjar.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)