Polri Buka Kesempatan Penyandang Disabilitas Ikut Seleksi, Bakal Isi Posisi Ini

Rabu, 17 Januari 2024 - 10:51 WIB
loading...
Polri Buka Kesempatan Penyandang Disabilitas Ikut Seleksi, Bakal Isi Posisi Ini
As SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, SSDM Polri membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk menjadi perwira kepolisian maupun bintara. FOTO/HUMAS POLRI
A A A
JAKARTA - Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri memulai proses rekrutmen Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun Anggaran 2024. Tahun ini, SSDM Polri membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk menjadi perwira kepolisian maupun bintara.

"Pada penerimaan ASN Polri jalur PPPK Tahun 2023, kita telah menerima 1 orang disabilitas daksa di Polda Sumsel, perempuan. Jabatan arsiparis. Yang bersangkutan lulusan D3 Manajemen Perusahaan," kata Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Dedi Prasetyo dikutip, Rabu (17/1/2024).

Dedi menjelaskan dasar hukum yang digunakan dalam penerimaan SIPSS yakni Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 27 Tahun 2021, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 28 Tahun 2021, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 29 Tahun 2021.



Selain itu, Dedi menyebutkan kesempatan bagi penyandang disabilitas fisik untuk menjadi bagian Polri berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penerimaan Anggota Polri.

"Bahwa tahun ini, Polri merekrut personel dari kelompok disabilitas, di mana rekrutmen disabilitas bintara Polri adalah untuk yang menamatkan pendidikan di tingkat SMU dan SMK. Kemudian SIPSS untuk lulusan perguruan tinggi," ucapnya.

Dedi mengungkapkan, nantinya penyandang disabilitas akan ditempatkan pada posisi jabatan seperti Teknologi Informasi (TI), Siber, Bagian Keuangan, Bagian Perencanaan, Administrasi dan lainnya yang bersifat non-lapangan.

"Sebagai referensi pada 3 negara maju yang menerima polisi dari golongan disabilitas antara lain Australia, Amerika Serikat, dan Inggris," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)