KPU Akan Gunakan Handy Talkie untuk Komunikasi dengan Tim Paslon saat Debat Pilpres 2024

Senin, 15 Januari 2024 - 21:54 WIB
loading...
KPU Akan Gunakan Handy Talkie untuk Komunikasi dengan Tim Paslon saat Debat Pilpres 2024
Komisioner KPU August Mellaz memberikan keterangan kepada media di Kantor KPU, Senin (15/1/2024). FOTO/MPI/DANAN DAYA ARYA PUTRA
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) akan memberikan dua Handy Talkie (HT) atau alat komunikasi kepada masing-masing tim pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) saat pelaksanaan debat keempat Pilpres 2024 . HT itu diberikan untuk memudahkan komunikasi antara tim paslon, petugas keamanan KPU, dan televisi penyelenggara debat.

"Nanti yang pegang itu masing-masing tim paslon kan ada 2 LO (Liaison Officer) yang kita anggap super LO loh, yang full akses, itu yang akan pegang. Jadi enam dari mereka kemudian sama tim kita dan kemudian tentu dari media penyelenggara," kata Komisioner KPU August Mellaz di Kantor KPU, Senin (15/1/2024).

Menurutnya, penggunaan HT diusulkan ketika KPU menggelar rapat persiapan debat dengan pihak penyelenggara. Dia melihat pada debat sebelumnya, tim paslon melakukan komunikasi melalui handphone dianggap belum maksimal.



"Kalau Handy Talkie-nya kan selama ini ada dipegang oleh tim kami, tapi kelihatannya kemarin tim mereka juga punya saluran komunikasi kan, tapi kelihatannya kurang optimal karena pada saat pelaksanaan acara mereka harus melihat HP, melihat WA, di grup itu mungkin agak menghambat, makanya sejak pertemuan sebelumnya kita sudah sepakati nanti ada Handy Talkie," katanya.

August Mellaz mengatakan, jika dalam penyelenggaraan debat terdapat kendala, maka tim paslon bisa langsung mengkomunikasikan agar masalah tersebut bisa diselesaikan secara baik melalui HT. "Sehingga nanti secara real time kalau ada kendala bisa langsung kita antisipasi," ujarnya.

Pada bagian lain, KPU telah menetapkan debat keempat Pilpres 2024 kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu, 21 Januari 2024.



"Debat keempat yang dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2024 akan dilaksanakan di JCC," kata Komisioner KPU August Mellaz di Kantor KPU, Senin (15/1/2024).

Dia mengatakan, secara teknis lokasi tersebut bisa membantu televisi penyelenggara debat.

"Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain memang affability-nya tersedia, kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu penyelenggaraan debat dan tim paslon juga sangat familiar dengan tempat itu," katanya.

Dalam debat keempat Pilpres 2024, cawapres akan beradu gagasan soal pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)