Sejumlah Kapal Perang AS Bersiap Datang ke Indonesia

Kamis, 19 April 2018 - 03:16 WIB
Sejumlah Kapal Perang AS Bersiap Datang ke Indonesia
Sejumlah Kapal Perang AS Bersiap Datang ke Indonesia
A A A
JAKARTA - Sejumlah kapal perang Amerika Serikat (AS) akan datang ke Indonesia dalam rangka membina hubungan kerja sama angkatan bersenjata kedua negara.

Sehubungan dengan rencana kehadiran kapal perang tersebut, Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) AS untuk Indonesia, H E Joseph R Donovan Jr memohon kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk membantu kelancaran kegiatan kunjungan itu. Hal itu disampaikan Joseph saat melakukan pertemuan dengan Panglima TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu 18/4/2018.

Menanggapi rencana kedatangan kapal perang AS itu ke Indonesia, Panglima menyatakan TNI akan membantu kelancaran kunjungan tersebut agar dapat berjalan lancar dan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Panglima TNI menyampaikan bahwa kunjungan kehormatan Dubes AS ini juga untuk mempererat hubungan kerja sama kedua negara dalam berbagai bidang, khususnya di bidang pelayanan kesehatan yang dilaksanakan dalam kegiatan Pacific Partnership 2018 di Bengkulu.

Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada AS karena telah menghadirkan kapal rumah sakit United States Naval Ship (USNS) Mercy dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Bengkulu.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Panglima atas kehadiran Dubes AS di Manado dalam rangka latihan bersama dengan melibatkan pesawat udara F-16.

“Kerja sama dalam kegiatan Pacific Partnership sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi dokter dan tenaga medis Indonesia dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi terkait bencana alam,” kata Panglima dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews.

Adapun Mr Joseph, juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan dukungan Panglima TNI yang ditunjukkan pada saat kedatangan kapal rumah sakit United States Naval Ship (USNS) Mercy dalam rangka kegiatan Pacific Partnership.

Mr Joseph berharap kegiatan Pacific Partnership tersebut dapat bermanfaat bagi Indonesia dan juga Amerika, khususnya dalam persiapan menghadapi bencana alam di Indonesia.

Mr Joseph mengatakan, kerja sama di bidang kesehatan dengan Indonesia diawali ketika terjadi bencana tsunami pada 2004. "Bencana tsunami itu menyadarkan kita semua untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi guna mendukung misi misi kemanusiaan dalam rangka menghadapi bencana alam," katanya.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir mendampingi Marsekal Hadi Tjahjanto antara lain Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Agung Prasetiawan, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Kabais TNI Marsda TNI Kisenda Wiranata Kusuma, Kapuspen TNI Mayjen TNI M S Fadhilah, dan Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono.

Sedangkan Mr Joseph didampingi Athan AS di Jakarta Kolonel Michael D Spake, Kepala Kantor Kerja Sama Pertahanan Kolonel Brady A Crosier, Atase Laut AS di Jakarta CDR Greg R, Adams dan Penasihat Politik Kedubes AS Ms Geneve E Menscher.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4261 seconds (0.1#10.140)