Ganjar Sebut Program Satu Keluarga Miskin, Satu Sarjana Bersifat Fleksibel

Kamis, 11 Januari 2024 - 08:17 WIB
loading...
Ganjar Sebut Program Satu Keluarga Miskin, Satu Sarjana Bersifat Fleksibel
Nelayan tumplek blek menyambut kedatangan Ganjar Pranowo di Desa Kaliwlingi, Kabupaten Brebes, Rabu (10/1/2024). Foto/MNC Media
A A A
TEGAL - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan program beasiswa pendidikan satu keluarga miskin, satu sarjana sifatnya fleksibel. Hal itu sesuai dengan kebutuhan penerima beasiswa.

Ganjar menjelaskan program tersebut digagas untuk mengurangi ketimpangan sosial. Dengan adanya seorang anak yang bisa memiliki pendidikan tinggi diharapkan kondisi ekonomi keluarga tersebut dapat semakin membaik.

Hal tersebut disampaikan Ganjar Pranowo saat menginap di rumah kediaman salah seorang warga Waidah (55) di Jalan Arjuna, RT02/RW03 Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, Rabu (10/1/2024) malam.



Waidah adalah seorang guru honorer SMP 5 Tegal. Dia merupakan ibu tunggal dari Fikri Haikal, alumni SMKN Jateng Semarang angkatan 2017. Fikri saat ini diketahui tengah bekerja pada perusahaan farmasi di Jakarta. Berkat anaknya, Waidah dapat merenovasi rumah yang malam ini ditumpangi Ganjar Pranowo menginap.

"Ya naik kelas. Kalau teman-teman SMK sekarang sampai sarjana. Meskipun ada yang protes juga. 'Pak, saya enggak mau sarjana. Sarjana juga belum tentu dapat pekerjaan kok, saya pengen vokasi, tapi D3, politeknik'. Ya enggak apa-apa, itu sebenarnya konsepnya mirip juga yang penting sekolahnya tinggi. Kita sebutnya sarjana," ujar Ganjar.



Mantan Gubernur Jateng dua periode itu mengungkapkan banyak orang pintar yang ingin menjadi sarjana namun berasal dari ekonomi tidak mampu.

"Kaya kemarin saya ketemu Angga. Anak Jakarta, digusur rumahnya, pindah ke Karanganyar, terus kemudian orang tuanya kerja seadanya, sekolah di Boyolali, bisa keterima dapat beasiswa di ITB, dapet di Inggris. Ketika dia balik, bantu adiknya kuliah, keluarganya dan sebagainya," katanya.

Ganjar mengajak anak muda untuk tidak malas belajar dan tetap mengenyam pendidikan demi masa depan yang lebih baik. "Lagi-lagi pendidikan investasi. Ini kalau bisa naik kelas dari yang pola SMK bisa ke sarjana, pasti kan harapan kami, harapan saya dia pasti akan jauh lebih baik lagi gitu," katanya.

Sebagaimana diketahui, Ganjar Pranowo tiba di Bandar Udara Tunggul Wulung di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah pada Selasa, 9 Januari 2024 pagi. Kehadiran Ganjar Pranowo untuk melakukan safari politik Kampanye Pilpres 2024 di berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)