Gelar Diskusi, Generasi Perintis Ingin Anak Muda Berkreasi untuk Maju

Rabu, 10 Januari 2024 - 21:29 WIB
loading...
Gelar Diskusi, Generasi Perintis Ingin Anak Muda Berkreasi untuk Maju
Generasi Perintis terus berupaya konsisten di jalurnya. Usai menggelar kegiatan diskusi pemuda perintis di 51 titik di Jawa dan Sumatera, Rabu (10/1/2024). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Generasi Perintis terus berupaya konsisten di jalurnya. Usai menggelar kegiatan diskusi pemuda perintis di 51 titik di Jawa dan Sumatera, mereka menyiapkan kejutan di 14 Januari 2024.

Sebelumnya Generasi Perintis telah menggerakkan pemuda dalam kegiatan bersama para perintis di 25 kota hingga akhir Desember 2023 dan kini mereka sudah mencapai titik ke-51, di Yogyakarta, Rabu (10/1/2024).

Dari total 51 titik kegiatan para perintis di Jawa dan Sumatera, tercatat sudah diikuti oleh 2.434 peserta yang bergabung dalam berbagai diskusi.

Salah satu isu yang selalu diangkat pada saat diskusi adalah permasalahan privilege (hak istimewa) dan non privilege yang dialami oleh kaum muda serta hambatan struktural yang seringkali dihadapi oleh kalangan yang tidak memiliki privilege.

Dari 51 titik kegiatan, Generasi Perintis berhasil menggandeng 75 komunitas dari berbagai kota di seluruh Indonesia.

Selain itu, Generasi Perintis berhasil menjaring para perintis untuk bergabung dalam Whatsapp Group dalam dua grup terpisah sejumlah 1.164 peserta.

Sedangkan total peserta yang bergabung secara daring dan mengikuti media sosial Instagram @generasiperintis.id sudah mencapai 6.595 pengikut.

Ada pun pada media sosial Tiktok @generasiperintis.id tercatat telah diikuti 2.376 pengikut.

"Capaian-capaian tersebut akan terus kami akselerasi. Tentunya kami akan memberikan kejutan serta apresiasi kepada para perintis yang sudah berpartisipasi," ungkap M Syaeful Mujab, Founder Generasi Perintis pada Rabu, 10 Januari 2024.

"Karena keberhasilan kami tidak lepas dari partisipasi para perintis yang sudah mau menyampaikan aspirasinya dalam diskusi-diskusi yang kami lakukan," tambah pemuda lulusan S2 London School of Economics itu.

Menurut Mujab, 'kejutan' ini akan dibingkai dalam bentuk acara yang akan melibatkan para perintis sekaligus menjembatani aspirasi mereka kepada para pihak yang kiranya nanti dapat mengambil kebijakan yang berkaitan dengan nasib generasi masa depan.

"Acaranya bernama Perintis Festival. Kami akan gelar pada Minggu, 14 Januari 2024 di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta," papar Mujab.

Ditambahkan oleh sarjana FISIP Universitas Indonesia itu, Perintis Festival bertujuan sebagai ruang pembahasan kebijakan, berjejaring, dengan mendatangkan para perintis dari kota-kota yang sudah dikunjungi Generasi Perintis.

"Kami sedang kodifikasi kajian isu-isu yang menurut anak muda itu penting, misalnya ruang untuk berkreasi, hambatan struktural dan kultural terhadap akses pendidikan, kesehatan mental yang jadi keluhan anak-anak muda di daerah. Akan kami rekomendasi kebijakan apa yang kira-kira perlu disampaikan kepada kandidat presiden dan wapres 2024," ulas Mujab.

"Ya, kita lihat nanti apakah para perintis bisa menantang langsung para tokoh mengakomodir kepentingan para perintis," ucap Mujab.

Bagaimana tanggapan para pemuda peserta diskusi Generasi Perintis mengenai Perintis Festival? "Tentu saja antusias dengan acaranya karena ini merupakan sebuah kesempatan yang jarang ada. Forum diskusi pemuda tingkat nasional sangat dibutuhkan. Ini momentum yang tidak setiap wadah ada, pastinya akan jadi sebuah gebrakan baru dikancah nasional nanti," jelas Founder dan CEO Blora Gens, Yetty Novita Ekasari.

"Dapat menyatukan keresahan yang dirasakan oleh para pemuda perintis asal daerah masing-masing yang pastinya punya masalah dan identitasnya masing-masing," tambahnya.

Kata Vita, dari forum ini opini dan gagasan dari pemuda perintis asal daerah masing-masing yang berbeda-beda disampaikan, dikumpulkan dan disatukan.

"Harapannya nanti akan bisa diterima, ditampung dan juga diberikan solusi kepada dan oleh calon presiden dan wapres 2024," urai Vita.

Ada pun sebagai informasi, selain capaian di atas, Generasi Perintis juga telah memberikan beasiswa Ignite Scholarship kepada para perintis. Total penerima beasiswa sejumlah 7 orang dari berbagai tingkatan mulai SMA hingga Perguruan Tinggi.

Ke depannya, Generasi Perintis akan terus melakukan kegiatan yang mendukung masa depan para perintis, juga akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak agar semakin memberi ruang kepada para perintis dalam mengembangkan diri.

Kami juga membuka ruang untuk pembukaan local chapter di kabupaten/kota seluruh Indonesia, bisa berbasis universitas/perguruan tinggi, kelompok hobi, hingga teritori kedaerahan," tandas Mujab yang meluncurkan Generasi Perintis pada 15 November 2023.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3480 seconds (0.1#10.140)