Tegaskan Komitmen Atas Ekonomi Kreatif, Ganjar Janji Hidupkan Kembali Bekraf Jika Terpilih

Senin, 08 Januari 2024 - 23:36 WIB
loading...
Tegaskan Komitmen Atas Ekonomi Kreatif, Ganjar Janji Hidupkan Kembali Bekraf Jika Terpilih
Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menunjukkan komitmennya terhadap industri ekonomi kreatif di Indonesia ke depan. Foto/TPN
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menunjukkan komitmennya terhadap industri ekonomi kreatif di Indonesia ke depan. Sebagai bentuk komitmennya, Ganjar mengungkap bahwa dirinya akan menghidupkan kembali Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Hal ini diungkapkan Ganjar saat sesi tanya jawab dengan creator bernama Faza Meonk atau akrab disapa Juki. Dalam kesempatan itu, Juki yang menjadi panelis dalam acara bertanya soal desain besar atau grand plan Ganjar terhadap ekonomi kreatif.



Menjawab pertanyaan itu, Ganjar kemudian bercerita jika dirinya pernah bertemu dengan para pelaku industri kreatif. Dalam pertemuan itu, kata dia, mereka berbicara mengenai kelembagaan.

"Menurutmu (Bekraf) perlu kembali nggak?" tanya Ganjar ke Juki dalam acara DEMOKR(E)ASI yang digelar di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin (8/1/2024) malam.

Juki pun dengan tegas menjawab setuju jika perlu dikembalikannya Bekraf untuk benar-benar fokus dan terarah terhadap persoalan yang menyangkut dunia ekonomi kreatif.

"Oke kita kembalikan besok. Konkret ya?" ucap Ganjar.

Selain berfokus pada kelembagaan, Ganjar juga turut menyebutkan sejumlah hal yang akan dilakukan untuk memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Semisal, memberikan fasilitas berupa akses permodalan hingga insentif lainnya kepada para pelaku industri ekonomi kreatif.

Tak hanya itu, Ganjar juga ingin memberikan tambahan tugas kepada duta besar (Dubes) Indonesia di luar negeri. Sehingga, mereka juga bisa menjadi duta seni budaya.



"Ini menjadi penting. Maka peran dubes ini sekarang coba kita dorong untuk mereka tidak hanya fasilitasi, tapi juga sekaligus memasarkan," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)