Live TikTok dan Instagram, Mahfud MD Ceritakan Sosok Bung Hatta yang Antikorupsi ke Gen Z

Rabu, 03 Januari 2024 - 09:23 WIB
loading...
Live TikTok dan Instagram, Mahfud MD Ceritakan Sosok Bung Hatta yang Antikorupsi ke Gen Z
Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD menceritakan sosok Bung Hatta kepada Gen Z sebagai pemimpin yang antikorupsi. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 03, Mahfud MD, kembali berinteraksi dengan masyarakat melalui Live TikTok dan Instagram. Kali ini, Mahfud memanfaatkan platform itu untuk mengenalkan sosok Mohammad Hatta atau Bung Hatta yang sangat antikorupsi.

Mahfud merasa, penting mengenang kembali untuk memanggil semangat kepemimpinannya yang sangat antikorupsi dari Bung Hatta. Bahkan, Bung Hatta tidak mampu membeli sepatu Bally yang diinginkan walau sudah menabung.

"Bung Hatta ketika jadi Wakil Presiden ingin membeli sepatu Bally, dia mengambil gambar sepatu Bally di koran, dia letakkan di mejanya suatu saat saya akan membeli sepatu mahal ini, dia menyimpan uang dari gajinya setiap bulan menyimpan, tapi sampai wafat beliau tidak mampu membeli sepatu Bally itu," kata Mahfud saat berziarah didampingi ketiga putri Bung Hatta yakni Meutia, Gemala, dan Halida Hatta pada Selasa (2/1/2024).



Mahfud menyampaikan, Bung Hatta tahu akan ada devaluasi rupiah atau perubahan kurs rupiah dengan dollar. Jadi, begitu diumumkan nilai rupiah yang tadinya seribu menjadi satu. Mahfud menekankan, kalau mau tentu Bung Hatta bisa korupsi.

Sebelum diumumkan jam 12 malam, Hatta bisa menukar uang yang dimilikinya ke dollar atau membeli barang-barang bagus. Tapi, Hatta menyimpan uang itu sampai jam 00.00 dan diumumkan, sehingga uang yang tadinya Rp1.000 hanya menjadi Rp1.



"Bung Hatta tidak. Itu yang dilakukan, sehingga beliau tidak mampu membeli sepatu, membelikan baju untuk istrinya yang Ibu Wapres, Ibu Rachmi Hatta. Itu yang kita kenal dari Bung Hatta," ujar Mahfud.

Bersama Bung Karno, kata Mahfud, Bung Hatta merupakan tokoh pendiri Indonesia. Sebab, mereka menandatangani Proklamasi 17 Agustus 1945 dan mengatasnamakan bangsa Indonesia yang disetujui Founding Father lainnya.

"Saudara, ada banyak, Bung Karno sudah sering saya ceritakan, mari sekarang, khususnya bagi Gen Z dan Milenial, ini penting karena Anda akan jadi pewaris," kata Mahfud.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)