Ganjar-Mahfud Juara di Jateng-DIY, Elektabilitas Capai 55,9%

Minggu, 31 Desember 2023 - 19:28 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Juara di Jateng-DIY, Elektabilitas Capai 55,9%
Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juara di Provinsi Jawa Tengah dan DIY dengan elektabilitas 55,9% berdasarkan hasil survei ICRC periode Desember 2023. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) merilis hasil survei terbaru periode Desember 2023. Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tetap juara di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pasangan Ganjar-Mahfud di Jateng dan DIY angka elektabilitasnya sebesar 55,9%. Angka itu lebih tinggi dua pasangan capres-cawapres lainnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Secara rinci, Prabowo-Gibran mendapatkan elektabilitas sebesar 25,6%. Kemudian pasangan Anies-Muhaimin sebesar 11,2%.



"Jawa Tengah-DIY didominasi Ganjar-Mahfud dengan angka 55,9% karena itu masih menjadi basis elektoral wilayah yang kuat," kata Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli, Minggu (31/12/2023).

Kendati menjadi yang tertinggi di dua wilayah tersebut, secara keseluruhan, elektabilitas seluruh provinsi masih dipegang pasangan Prabowo-Gibran. Namun demikian, Hadi memprediksi Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran.

"Artinya tinggal Anies dan Ganjar yang bersaing untuk masuk ke putaran kedua, nanti akan kita hitung lagi," katanya.

Sebagai informasi, populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.230 orang, dengan margin of error sebesar ±2.79%, pada tingkat kepercayaan 95%.



Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling. Waktu pengumpulan data pada tanggal 20-26 Desember 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara via telepon oleh pewawancara terlatih.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)