Sosok Jenderal Bintang 3 Teman Seangkatan Panglima TNI, No 1 Peraih Adhi Makayasa

Minggu, 31 Desember 2023 - 05:56 WIB
loading...
A A A
Selain di dalam negeri, Teguh juga pernah mendapat tugas ke luar negeri yakni, Dik Company Tactic Course 1996 Singapura, PAM VVIP China pada 2010 kemudian, PAM VVIP Singapura 2011, PAM VVIP Australia 2011, dan PAM VVIP Arab Saudi 2011.

Teguh juga merupakan sosok yang cerdas. Berbagai pendidikan militer pernah diikutinya. Antara lain, Sessarcabif, pendidikan Suslapa, Seskoad pada 2005. Selain itu, Susar PARA, Sus KIBI, Tarlat Kader Yonif, Suspa Intelpur, Tarlit Pers, kemudian Sus Danyon. Termasuk Sus Dandim pada 2008, Sesko TNI hingga Lemhannas RI.

Dedikasi dan loyalitasnya sebagai prajurit TNI, membuat karier Teguh cukup moncer. Sejumlah jabatan strategis pernah di embannya yakni, Dandim 0904/Tanah Grogot, Wadan Grup B Paspampres, Danrem 172/Praja Wira Yakth. Wadanpussenif Kodiklatad.

Kariernya terus meningkat, Teguh selanjutnya dipercaya menjadi Danpussenif Kodiklatad, Danpuspenerbad, Pangdam VI/Mulawarman, hingga akhirnya menjabat Sesmenko Polhukam hingga sekarang.

Sosok Jenderal Bintang 3 Teman Seangkatan Panglima TNI, No 1 Peraih Adhi Makayasa

2. Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa

Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa merupakan lulusan Akmil 1991 dari kesatuan Infanteri Kopassus. Saleh tercatat sebagai Pangkostrad ke-44 yang menjabat sejak 7 Desember 2023 hingga sekarang.

Karier Jenderal TNI kelahiran Ternate, Maluku Utara 14 Maret 1969 ini juga terbilang moncer. Dia pernah menjabat sebagai Danyon 23 Grup 2/Kopassus, Waasops Danjen Kopassus, kemudian Dan Grup 1/Kopassus.

Setelah bertugas di Kopassus, dia kemudian dipercaya menjadi Asops Kasdam Iskandar Muda, kemudian Pasis Sesko TNI, dan Pamen Ahli Kopassus Bidang Pendidikan dan Latihan. Tidak hanya itu, dia juga dipercaya memimpin territorial dengan menjabat sebagai Danrem 132/Tadulako. Jabatan ini membuatnya pecah bintang menjadi perwira tinggi (Pati) TNI.

Setelah itu, Saleh diangkat menjadi Wadanpussenif Kodiklatad dan Kasdam Jaya. Loyalitas dan dedikasinya dalam bertugas membuat jebolan Dikreg Seskoad ini dipercaya menjadi Kaskogabwilhan, kemudian Pangdam XVII/Cenderawasih.

Tidak hanya itu, Saleh yang pernah mengeyam pendidikan Sesko TNI dan Lemhannas ini selanjutnya dipercaya menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bidang Sosbudkum HAM dan Narkoba, kemudian Kaskostrad. Karier militernya terus meningkat, hingga akhirnya diangkat menjadi Pangkostrad hingga sekarang.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)