Ganjar Minta DPR Panggil KPU terkait PPLN Taipei Distribusikan Surat Suara ke Pemilih Lebih Awal

Sabtu, 30 Desember 2023 - 12:06 WIB
loading...
Ganjar Minta DPR Panggil KPU terkait PPLN Taipei Distribusikan Surat Suara ke Pemilih Lebih Awal
Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo meminta Komisi II DPR untuk bisa meminta klarifikasi setelah PPLN Taipei, Taiwan yang mendistribusikan surat suara kepada pemilih lebih awal dari jadwal. Foto/MPI
A A A
BOYOLALI - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo meminta Komisi II DPR untuk bisa meminta klarifikasi setelah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei, Taiwan yang mendistribusikan surat suara kepada pemilih lebih awal dari jadwal.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh PPLN Taipei merupakan hal yang kurang cermat. Ia menilai tidak perlu adanya kelalaian. Sebab, seluruhnya sudah pasti terjadwal.



“Ya saya kira Komisi II harus segera memanggil KPU dan mengklarifikasi itu, karena lalai itu rasanya agak lucu gitu ya. Karena pasti persiapannya sudah terjadwal, masa ada yang lalai gitu ya,” ujar Ganjar di Pasar Rakyat Kebon Agung, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (29/12/2023).

Lebih jauh, ayah dari Muhammad Zinedine Alam Ganjar itu menegaskan bahwa hal yang dilakukan oleh PPLN Taipei merupakan tindakan yang kurang cermat.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengungkap alasan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei, Taiwan mendistribusikan surat suara kepada pemilih lebih awal dari jadwal. Menurutnya, sebagian besar para pemilih di Taipei merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang memiliki kondisi pekerjaan berbeda-beda.

"Warga kita yang menjadi pekerja migran itu memiliki kondisi demografis dan aturan dari penyedia pekerjaan yang berbeda-beda, ada yang diizinkan libur dalam rentang satu minggu sekali, dua minggu sekali, dan satu bulan sekali," kata Hasyim saat jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa 26 Desember 2023.

Tak hanya itu, kata Hasyim, Taiwan akan memperingati Tahun Baru China atau Chinese New Year pada 8-14 Januari 2024. Dalam kondisi itu, lanjut Hasyim, kantor pos setempat terakhir beroperasi 7 Februari 2024.

"Terdapat Chinese New Year di Taiwan pada tanggal 8-14 Februari 2024, dimana kantor pos hanya bisa mengirimkan surat suara kembali, terakhir pada tanggal 7 Februari 2024 atau satu minggu lebih awal dari jadwal penerimaan surat suara yang terkahir," tutur Hasyim.

"Berdasarkan pertimbangan tersebutlah kemudian PPLN Taipei mengambil langkah untuk mengirimkan surat suara metode pos lebih awal," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)