Kesadaran Individu Dinilai Penting demi Perbaikan Lingkungan

Jum'at, 29 Desember 2023 - 15:14 WIB
loading...
Kesadaran Individu Dinilai Penting demi Perbaikan Lingkungan
Govvinda, seorang sosok pemberani dan bersemangat, yang memulai perjalanan memperbaiki lingkungan pada tahun 2018. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kesadaran individu dinilai penting untuk mewujudkan perbaikan lingkungan . Hal ini yang kemudian dilakukan oleh Govvinda, seorang sosok pemberani dan bersemangat, yang memulai perjalanan memperbaiki lingkungan pada tahun 2018.

Ketika itu, daerahnya belum mengenal bank sampah, tetapi keberaniannya membawa perubahan. Ia merintis bank sampah secara mandiri dengan memulai dari edukasi warga dari rumah ke rumah, menyoroti pentingnya bank sampah dan manfaatnya bagi lingkungan.

Perjalanan yang dilalui Govvinda tidak mudah. Minimnya alat operasional, seperti alat pengangkut sampah dan sarana penyimpanan, menjadi tantangan besar.

Satu-satunya mobil pribadinya bahkan harus dikorbankan untuk mengangkut sampah. Meski demikian, dengan semangat juangnya, Govvinda menjalankan sistem tabung angkut atau menjual langsung ke pengepul.



Hingga dia dinobatkan sebagai pemenang Pemuda Pelopor Tingkat Nasional karena dedikasi penuhnya dalam bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan Pariwisata oleh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Terima kasih kepada Kemenpora atas apresiasi yang diberikan kepada saya, saya merasa bersyukur dengan adanya pemuda pelopor ini, apresiasi ini merupakan bentuk pengakuan atas karya dan dedikasi kami selama ini," ucap Govvinda dalam keterangannya, Jumat (29/12/2023).

Govvinda pun merasa apresiasi ini memberikan semangat baru bagi dirinya untuk terus berkarya, karena tantangan untuk menjadi pemuda pelopor ini membutuhkan energi yang besar.

"Dan dukungan dari lingkungan terkait, tokoh masyarakat, pemerintah setempat hingga pemerintah pusat sangat penting untuk menjaga semangat tersebut," ucapnya.

Govvinda merasa hal ini menginspirasi lingkungan sekitarnya, terbukti dari banyaknya yang ingin menjadi pemuda pelopor berikutnya, apresiasi ini menunjukan bahwa pemerintah mendukung dan mengapresiasi karya-karya pemuda, sehingga dapat mendorong pemuda lain untuk berkarya dan berkontribusi bagi masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)