Soal Program Ganjar-Mahfud, Pengamat: Pendidikan Obat Mujarab Putus Rantai Kemiskinan

Kamis, 28 Desember 2023 - 21:47 WIB
loading...
Soal Program Ganjar-Mahfud, Pengamat: Pendidikan Obat Mujarab Putus Rantai Kemiskinan
Program unggulan Capres-Cawapres Ganjar Mahfud MD soal pendidikan dinilai sebagai obat mujarab memutus rantai kemiskinan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pendidikan dinilai obat mujarab untuk memutus rantai kemiskinan. Satu anggota keluarga miskin yang berpendidikan tinggi berpotensi besar mengubah ekonomi keluarganya karena memiliki kesempatan kerja yang lebih luas.

Pandangan ini disampaikan Pakar Ketenagakerjaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Tadjudin Nur Effendi menanggapi Program Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana yang diusung pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

"Kita bisa memutus mata rantai kemiskinan dengan pendidikan. Seandainya dalam satu keluarga pendidikan berubah, kehidupan mereka akan berubah. Ada kesempatan bekerja dan mendapat penghasilan, memutus mata rantai kemiskinan," kata Tadjudin, Kamis (28/12/2023).



Sejak 1990-an, kata Tadjudin, pemerintah berupaya menyelaraskan antara pendidikan dengan kebutuhan pasar kerja. Belakangan ini muncul keinginan untuk memberikan pendidikan vokasi yang menekankan keterampilan untuk menjawab kebutuhan pasar kerja.

Namun, Tadjudin melihat ada gap antara perkembangan teknologi dan dunia pendidikan. "Semacam ada jarak antara dunia pendidikan dan teknologi, yang berkelindan langsung dengan lapangan pekerjaan," katanya.



Menurutnya, sektor pendidikan dan ketenagakerjaan saling berkelindan, sehingga dibutuhkan tenaga kerja yang kompeten dan melek teknologi untuk menjawab tantangan hari ini. Namun di sisi lain, lapangan kerja yang tersedia juga terbatas.

"Dalam rangka Indonesia Emas, kita berhadapan dengan bonus demografi, penduduk usia produktif mencapai 70%, sedangkan lapangan pekerjaan berkembang sangat lambat," katanya.

Untuk diketahui, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memiliki Program Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana. Ganjar merasa semua daerah harus menjalankan program tersebut yang dikomandoi oleh pemerintah pusat. Pendataan akan dilakukan dengan rinci, penyusunan sistem canggih dan pelaksanaan dengan benar dan transparan. "Negara bisa hadir membantu keluarga itu agar ada anaknya 1 sarjana dalam keluarga miskin untuk mengubah nasibnya," kata Ganjar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)