Catatan Akhir 2023, Polri Dinilai Mampu Wujudkan Visi Presisi

Kamis, 28 Desember 2023 - 10:32 WIB
loading...
Catatan Akhir 2023, Polri Dinilai Mampu Wujudkan Visi Presisi
Visi Polri Presisi yang digaungkan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat pertama kali menjabat bukanlah slogan semata, Kamis (28/12/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Visi Polri Presisi yang digaungkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat pertama kali menjabat bukanlah slogan semata. Dengan kerja sama seluruh jajaran Polri, visi itu diwujudkan.

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro mengapresiasi kinerja Polri pada 2023. Menurut Simon, sapaan akrabnya, keberhasilan kepolisian ini tidak terlepas dari kepemimpinan yang kuat dan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang jelas dan lugas.

Kata dia, kejelian Kapolri dalam menempatkan orang secara proporsional merupakan salah satu kunci keberhasilan Polri Presisi 2023.

"Arah kepemimpinan yang jelas bagi institusi kepolisian ini penting untuk memandu seluruh anggota dalam satu barisan, sehingga semua polisi di lapangan memiliki komitmen, perasaan, dan aksi yang terkoordinir dan saling mengisi satu sama lain," kata Rektor Institut Sains dan Teknologi al-Kamal ini dalam keterangannya, Kamis (28/12/2023).



Menurut Simon, capaian Polri Presisi 2023 ini sangat signifikan. Dalam catatannya, penanganan kasus dan pengungkapan aset dari kejahatan penyalahgunaan narkoba, perjudian, dan kriminalitas terhadap perempuan dan anak menjawab keresahan masyarakat saat ini.

Pasalnya, tiga jenis kejahatan tersebut berdampak langsung terhadap generasi muda. Ketiga kejahatan ini fundamental dalam merusak generasi bangsa, sehingga tepat langkah Polri untuk memprioritaskan penanganannya pada ketiganya.

"Inilah yang membuat masyarakat merasa puas," kata Simon.

Sementara di sisi pelayanan masyarakat, Polri dinilai cukup maksimal, terutama terkait perjalanan dan kendaraan. Penggunaan teknologi ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement/tilang elektronik) bukan untuk mengikuti tren semata, tetapi ada target dan tujuan yang ingin dicapai, yaitu penurunan angka kecelakaan di jalan raya.

Bagi Simon, upaya ini cukup strategis dan efektif mengontrol perilaku ketertiban masyarakat di jalan raya sehingga tingkat kecelakaan kita dilaporkan mengalami penurunan tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3446 seconds (0.1#10.140)