Hari Ibu, Ini Program Ganjar-Mahfud untuk Perempuan Indonesia

Minggu, 24 Desember 2023 - 19:05 WIB
loading...
A A A
Mahfud mengungkapkan, terdapat tujuh komitmen yang akan dijalankan pasangan Ganjar-Mahfud jika terpilih pada Pilpres 2024. Tujuh komitmen tersebut diyakini dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia.

Pertama, Ganjar-Mahfud bakal mengupayakan legislasi untuk tersedianya lapangan kerja yang mudah diakses untuk kaum perempuan. Keduanya juga akan memastikan lingkungan kerja yang ramah terhadap kaum perempuan.

Kedua, akan berusaha mewujudkan legislasi dan anggaran yang memadai untuk menjamin kesehatan para perempuan yang bekerja dari rumah. Menurut Mahfud, hal tersebut akan berbentuk akses keikutsertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan.

"Kemudian, komitmen menciptakan legislasi dan menyediakan anggaran yang memadai untuk menempatkan satu psikolog di setiap puskesmas di seluruh Indonesia. Hal ini diharapkan dapat menangani permasalahan kesehatan mental yang dialami perempuan, anak, dan masyarakat luas," kata Mahfud.

Keempat, Ganjar-Mahfud akan mewujudkan legislasi dan anggaran yang memadai untuk pembentukan satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Satgas akan masuk ke setiap satuan lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta.

Kelima, Ganjar-Mahfud berjanji memastikan adanya peningkatan keterwakilan perempuan dalam keanggotaan Badan Perwakilan Desa (BPD) dari satu menjadi tiga anggota perempuan untuk keseluruhan jumlah anggota BPD.

“Selanjutnya, kami akan mendorong keterwakilan perempuan dengan disabilitas di posisi pengambilan keputusan di pemerintahan pada semua tingkatan sekaligus memastikan legislasi hak-hak asasi perempuan adat, perempuan petani dan perempuan adat atas tanah dan SDA,” ungkapnya.

Komitmen ketujuh, Ganjar-Mahfud berjanji menjamin rasa aman bagi perempuan. Jika terpilih, keduanya akan menciptakan desa, kampung, dan kota yang ramah untuk perempuan serta lansia.
(jon)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)