Ganjar-Mahfud Berkomitmen Tingkatkan Kesejahteraan Guru Ngaji

Jum'at, 22 Desember 2023 - 22:14 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Berkomitmen Tingkatkan Kesejahteraan Guru Ngaji
Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkomitmen meningkatkan kesejahteraan para guru ngaji di seluruh Indonesia. FOTO/MPI
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presdien nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkomitmen meningkatkan kesejahteraan para guru ngaji di seluruh Indonesia.

Guru ngaji memiliki peran besar dalam membentuk akhlak dan moral anak bangsa melalui pengajaran Al-Quran di Taman Pengajian Al-Quran (TPQ) dan Taman Kanak-Kanak Al-Quran (TKA). Namun fakta menunjukkan, peran para guru ngaji tidak diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan mereka.

"Kondisi itu menjadi konsen pasangan Ganjar-Mahfud. Mereka berkomitmen meningkatkan kesejahteraan pada guru ngaji dan pengajar agama lainnya di Indonesia, jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI pada 2024," tulis Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud dalam keterangan tertulis, Jumat (22/12/2023).

Berdasarkan data BPS, ada puluhan juta anak muslim di Indonesia yang membutuhkan pendampingan dan pembelajaran Al-Quran dari para guru ngaji. Dengan jumlah anak sebanyak itu, peranan guru mengaji sangat vital, karena menjadi ujung tombak bagi pembelajaran Al-Quran, pendidikan, serta pengembangan karakter dan akhlak anak bangsa.

Saat ini, diperkirakan ada sekitar ratusan ribu guru ngaji yang mengajari di TPQ dan TKA. Sebagian besar dari mereka masih dibayar sangat rendah. Hal itu sangat bertolak belakang dengan peran mereka sebagai penjaga gawang moral bangsa.

"Karena itu, peningkatan kesejahteraan guru ngaji, merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa ditunda. Dan pasangan Ganjar-Mahfud berkomitmen mewujudkan kesejahteraan mereka, jika memenangi kontestasi Pilpres 2024," kata TPN.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)