Ulama Keturunan Wali Songo Percaya Ganjar Mampu Jaga Nasionalisme dan Harkat Martabat Bangsa

Jum'at, 22 Desember 2023 - 19:43 WIB
loading...
Ulama Keturunan Wali Songo Percaya Ganjar Mampu Jaga Nasionalisme dan Harkat Martabat Bangsa
Sejumlah ulama dari berbagai daerah mengatasnamakan Keluarga Besar Pecinta Wali Songo dan Keturunan Wali Songo bertemu dengan Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo di wilayah Jakarta Selatan, Kamis 21 Desember 2023 malam. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Sejumlah ulama dari berbagai daerah mengatasnamakan Keluarga Besar Pecinta Wali Songo dan Keturunan Wali Songo bertemu dengan Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo di wilayah Jakarta Selatan, Kamis 21 Desember 2023 malam.

Dalam dialog, mereka menyampaikan berbagai persoalan yang diharapkan bisa diimplementasikan pasangan Ganjar-Mahfud ketika berhasil memenangkan kontestasi Pemilu 2024.



Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Banten, KH Imaduddin Utsman Al Bantani mengungkapkan semangat nasionalisme dan patriotisme harus selalu ditanamkan oleh pemerintah kepada masyarakat di masa mendatang.

Rasa persatuan dan kesatuan perlu diwujudkan untuk menciptakan keharmonisan dalam bingkai kebhinekaan sesuai amanat Pancasila dan UUD 1945.

"Alhamdulillah beliau (Ganjar) merespons untuk melaksanakan pesan-pesan dari para kesepuhan, pecinta Wali Songo dan dzuriyyat (keturunan) Wali Songo. Di antaranya, pertama adalah untuk tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tetap berlangsung untuk selama-lamanya, yang kedua adalah menjaga harkat martabat bangsa Indonesia untuk senantiasa menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ungkap KH Imaduddin.

Keluarga Besar Pecinta Wali Songo dan keturunan Wali Songo ini juga menyebut bahwa penerapan ajaran Islam yang moderat atau wasathiyah meliputi keseimbangan hubungan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta sikap toleransi mampu membawa kerukunan dan kedamaian bangsa.

"Selanjutnya adalah menjaga sejarah bangsa Indonesia agar tidak mengalami pembelokan dari upaya-upaya yang dilakukan oleh beberapa pihak," ucap dia.

Sejarah peradaban masuknya Islam di Indonesia yang dibawa oleh Wali Songo membawa konsep damai, serta beriringan dengan tradisi maupun budaya ini tidak boleh dilupakan.

"Terutama tentang sejarah masuknya agama Islam di Indonesia atas peran dan usaha Wali Songo sehingga keislaman kita hari ini adalah keislaman yang bisa untuk beriringan dengan tradisi dan budaya masyarakat Indonesia," jelas dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)