Jakarta Halal Festival 2023 Jadi Penggerak Industri Halal Nasional

Jum'at, 22 Desember 2023 - 18:53 WIB
loading...
Jakarta Halal Festival 2023 Jadi Penggerak Industri Halal Nasional
Foto: dok. Jakarta Halal Fest 2023
A A A
JAKARTA - Gelaran Jakarta Halal Festival (JHF) siap dilaksanakan pada 22-25 Desember 2023 di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) sebagai upaya penggerak industri halal dan semakin menumbuhkan ekosistem halal nasional. Event yang diinisiasi oleh Global Entrepreneurs Profesional bersama Syakaa Islamic Event Organizer, menjadi puncak dari penyelenggaraan roadshow Halal Fest yang sebelumnya digelar di Yogyakarta, Surabaya, dan Padang.

Heri Setiawan Project Manager Event Halal Festival 2023 dalam pernyataanya di Jakarta, Kamis (21/10/2023) menjelaskan, JHF yang digelar di Jakarta diharapkan menjadi percontohan provinsi atau kota-kota lain dalam mengembangkan di industri halal.

“Selain itu, JHF juga menjadi tempat silaturahmi bagi para pelaku industri halal di tanah air. Serta menjadi sarana untuk promosi dan transaksi bagi pengusaha muslim lokal maupun nasional, dan kemudian ini juga akan menjadi sarana syiar dan edukasi produk halal bagi para pelaku UMKM yang berada di Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Sementara itu, Bank Indonesia memperkirakan sektor prioritas Halal Value Chain (HVC) di dalam negeri, yaitu pertanian, makanan dan minuman halal, fesyen muslim dan pariwisata ramah muslim akan tumbuh sebesar 4,5-5,3 persen pada tahun 2023, yang diproyeksikan mampu menopang lebih dari 25 persen ekonomi nasional.

Dalam rangka menyambut pertumbuhan industri halal di Indonesia, maka festival halal berupa expo dengan berbagai rangkaiannya akan menjadi suatu hal yang menarik untuk diselenggarakan. Harapannya Jakarta Halal Festival ini memberikan sumbangsih dalam edukasi dan syiar untuk turut menguatkan ekosistem halal, serta sarana showcase berbagai produk dari industri halal di Indonesia.

"Produk halal pada hakikatnya hadir untuk beragaman manfaat, salah satunya, menjaga kesehatan, namun produk ini diperuntukan tidak hanya umat muslim saja tetapi seluruh umat manusia melintasi seluruh sekat ras agama hingga golongan, produk halal untuk semua," kata Heri.

Kurang lebih selama empat hari, lanjut Heri, akan ada berbagai program yang dihadirkan ada 30 sesi acara dan 25 bintang tamu yang akan mengisi di Jakarta Halal Festival. Termasuk ada seminar nasional, seminar internasional, sharing B2B, Owner by Owner ada juga tabligh akbar, kajian hingga konser amal dimana hasil donasinya akan disumbangkan ke Palestina.

“Harapan lainya, acara ini juga dapat membantu para UMKM untuk mendapatkan pendampingan memperoleh sertifikasi halal. Dan menjelaskan bagaimana pentingnya sertifikasi halal bagi para pelaku umkm dan pelaku usaha lainnya. Tren halal lifestyle tidak hanya ada di negara-negara muslim saja tetapi Indonesia bisa menjadi negara percontohan negara non muslim seperti Korea, Taiwan, Jepang,” ujarnya.

Nah, buat sobat halal yang ingin tahu lebih banyak lagi tentang tren halal dan ekosistem halal di Indonesia, mari datang langsung ke Hall B Jakarta Convention Center (JCC) tanggal 22-25 Desember 2023. Untuk harga tiket masuk online Rp20.000 per hari, Rp25.000 untuk offline dan bisa beli tiket selama empat hari senilai Rp70.000. Informasi lebih lanjut di sosial media Instagram @halal.fest @jakartahalafest.
(irh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)