Dijuluki Pendekar Hukum, Ini Peran Penegakan Hukum Mahfud MD untuk Ekonomi Indonesia

Jum'at, 22 Desember 2023 - 16:07 WIB
loading...
Dijuluki Pendekar Hukum, Ini Peran Penegakan Hukum Mahfud MD untuk Ekonomi Indonesia
Sosok calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Sosok calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kiprahnya yang panjang di berbagai posisi di pemerintahan membuat cawapres nomor urut 3 yang berpasangan bersama calon presiden (capres) Ganjar Pranowo ini begitu dikenal publik.

Kiprahnya yang bersih dan tak kenal takut membuat Mahfud dijuluki 'Pendekar Hukum'. Mahfud tak segan apalagi ragu menegakkan aturan yang menyikat siapa saja yang coba-coba bermain dengan hukum.

Sikapnya yang tegak lurus serta tak bisa diajak kompromi dan kongkalikong membuat Mahfud MD memiliki julukan lain. Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur bahkan menyebut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu 'peluru tak terkendali'.





Julukan sebagai 'Pendekar Hukum' dan 'Peluru Tak Terkendali' memang laik disandang pria kelahiran Sampang, 13 Mei 1957 itu. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu selalu hadir dan menjadi pemain kunci dalam berbagai kasus hukum besar yang menyita perhatian publik.

Selama kiprahnya, terutama ketika dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), sudah banyak kasus besar yang ditangani Mahfud. Tak sekedar terlibat, Mahfud mengawal dan memastikan kasus-kasus tersebut tuntas.

Berikut ini deretan kasus jumbo yang ditangani dan dikawal Mahfud MD:

1. Penanganan dan Pemulihan Hak Tagih Negara melalui Satgas BLBI. Setelah 22 tahun hak tagih negara untuk Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) tidak bisa ditangani, Mahfud menjadi sosok yang memecahkan kebuntuan. Di bawah koordinasi Mahfud, sampai dengan 2023, Satgas BLBI berhasil memperoleh kembali aset dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan jumlah aset seluas 40.161.874,02 m2 dan estimasi nilai sebesar Rp34,6 triliun lebih.

2. Mahfud turun tangan aktif melakukan pengawalan kasus pengadaan Satelit Komunikasi Pertahanan pada Slot Orbit 1230 BT, yang merugikan keuangan negara sebesar Rp500,579 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)