Hari Ibu Momentum Meningkatkan Partisipasi Perempuan di Kancah Politik

Jum'at, 22 Desember 2023 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Selain itu, sosialisasi masif terkait pentingnya partisipasi perempuan dalam setiap pengambilan kebijakan publik, harus konsisten dilakukan untuk peningkatan pemahaman di lingkungan masyarakat. Dengan sejumlah dukungan tersebut, harapannya, sikap perempuan yang menilai bahwa politik itu penting dapat terus didorong sehingga mampu meningkatkan partisipasi perempuan di bidang politik di Tanah Air.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga juga mengakui bahwa peran perempuan dalam dunia politik masih tertinggal. Padahal, partisipasi perempuan dalam bidang politik begitu penting. Sebab, jumlah perempuan mengisi separuh dari populasi Indonesia. Perempuan juga dinilai mampu merepresentasikan pengalaman perempuan yang dituangkan dalam kebijakan yang lebih responsif gender.

Menurut Menteri PPPA, ada sejumlah faktor yang menyebabkan minimnya keterlibatan perempuan dalam dunia politik. Salah satunya karena masyarakat atau dari diri mereka (perempuan) sendiri. Banyak dari sosok perempuan yang sebenarnya memiliki kulitas untuk terjun dalam politik, namun mereka belum meyakini kemampuan yang dimilikinya.

Oleh karena itu, selain perlunya berbagai kebijakan yang mendukung partisiapsi permpuan untuk berpolitik, penting juga memberikan dukungan bagiperempuanuntuk memperoleh pengetahuan dan peningkatan praktik politiknya serta mendapatkan dukungan moral daripartai politik.

Selamat Hari Ibu…
(hdr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)